10 PENYEDIA CLOUD WORKLOAD PROTECTION TERBAIK MENURUT GARTNER

Share

Thursday, 22 September 2022

Cloud Workload Protection (CWP) adalah proses pemantauan secara terus menerus untuk mengantisipasi dan mencegah ancaman Workload dan Container Cloud yang terjadi pada infrastruktur Data Center. Sebagaimana diketahui, Infrastruktur Data Center snagat rentan terhadap serangan, pelanggaran, dan ancaman, baik secara fisik maupun virtual. Pencurian data, perubahan data, dan ancaman Cybersecurity lainnya seperti virus, pembajakan, DoS, dan DDoS.

Berdasarkan laporan tahunan Monitoring Keamanan Siber BSSN di tahun 2021, anomali serangan siber di Indonesia terus mengalami peningkatan dari 59.316.206 pada bulan Januari 2021 menjadi 242.066.168 pada bulan Desember. Untuk mencegah serangan dan pelanggaran ini, maka diperlukan langkah-langkah keamanan yang memadai.

Cloud Workload Protection Platform (CWPP) merupakan solusi keamanan yang digunakan untuk melindungi Data Center dengan cara memberikan perlindungan terhadap Workload, dan Container sekaligus memungkinkan organisasi penyedia infrastruktur Data Center dapat terus membangun, menjalankan, dan mengamankan aplikasi Cloud dengan cepat dan aman.

Siapa Penyedia Cloud Workload Protection terbaik?

Menurut Gartner, terdapat 10 Cloud Workload Protection Platform terbaik berdasarkan review pengguna internet, kesepuluh CWPP tersebut adalah:
 

  1. Trend Micro Deep Security by Trend Micro
    Trend Micro Deep Security dianggap dapat melindungi data dan aplikasi perusahaan pada server virtual, cloud, bahkan fisik melalui beragam fitur, seperti anti-malware with web reputation, host-based firewall, virtual patching with host intrusion prevention, integrity monitoring, dan log inspection. Deep Security dapat melakukan pengaturan dan kebijakan keamanan dalam satu platform tunggal sehingga meringankan perusahaan dari sisi biaya dan kompleksitas, solusi ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai platform solusi.
  2. VMware Carbon Black App Control by VMware
    Dikutip dari teknologibisnis.com VMware Carbon Black Cloud WorkloadTM ini sepenuhnya terintegrasi dengan vSphere, sehingga mampu memberikan kemudahan bagi pengguna dalam instalasi dan pengelolaan selain itu dapat mendukung gabungan beberapa telemetri untuk beragam kasus keamanan workload.
  3. Illumio Core by illumio
    Illumio Core telah memberikan segmentasi Zero Trust yang sangat membantu dalam menghindari peretasan dan ransomware selain itu dapat meningkatkan pengetahuan risiko, dan menyederhanakan operasi keamanan untuk aplikasi di pusat data dan pengaturan cloud.
  4. Prisma Cloud by Palo Alto Networks
    Prisma Cloud membantu perusahaan memberikan perlindungan yang lengkap, serta dapat mengurangi kompleksitas dan meningkatkan visibilitas di seluruh infrastruktur, workload, identitas, dan aplikasi.
  5. Trend Micro Cloud One by Trend Micro
    Cloud One memberikan perlindungan keamanan informasi industri yang paling komprehensif pada satu platform dengan memenuhi kebutuhan strategis sebagian besar terkait rencana cloud untuk perusahaan sehingga memungkinkan pelanggan untuk memigrasi aplikasi yang ada ke cloud, mengembangkan aplikasi cloud asli, hingga dapat mencapai keunggulan dalam operasi cloud.
  6. Sophos Central by Sophos
    Sophos Central memberikan kemudahan dalam proses mengelola endpoint encryption dengan berbagai kebutuhan perlindungan.
  7. Sysdig Secure by Sysdig
    Solusi keamanan yang hebat dalam penerapan containerized applications dan juga dengan mudah dapat mengidentifikasi kerentanan yang diatasi dan memprioritaskan perbaikan berdasarkan tingkat kesulitannya.
  8. Cloudguard Network Security by Check Point Software Technologies
    Menyediakan keamanan Native Cloud Terpadu untuk asset dan Workload yang dapat memberikan keyakinan untuk mengotomisasi keamanan, mencegah ancaman siber.
  9. McAfee Server Security Suite by McAfee
    Penyedia deteksi malware secara realtime McAfee berhasil mencatat tingkat deteksi malware 100% yang sangat mengesankan dalam semua pengujian pada beberapa perangkat, McAfee juga mampu mengidentifikasi dan memblokir ancaman canggih maupun yang sederhana, termasuk virus, trojan, perangkat mata-mata (spyware), dan ransomware.
  10. Microsoft Defender for Cloud by Microsoft
    Berbasis Manajemen Postur Keamanan Cloud (CSPM) dan Platform Perlindungan Beban Kerja Cloud (CWPP) untuk semua sumber daya Azure, lokal, dan multicloud (Amazon AWS dan Google GCP). Microsoft Defender dapat meningkatkan untuk memulihkan masalah keamanan data.

Dengan menggunakan CWPP, maka pemilik infrastruktur Data Center mendapatkan tiga manfaat utama, yaitu mengurangi kompleksitas, memiliki konsistensi, dan memiliki portabilitas.