ALASAN MEMILIH WIFI 6 UNTUK BISNIS: INI PERBEDAAN WIFI 5 DAN WIFI 6

Share

Thursday, 24 November 2022

Apa yang Dimaksud Wifi 6?

Wifi 6.0 juga dikenal dengan sebutan AX WiFi atau 802.11ax Wifi, dimana Wifi 6 dikembangkan untuk memperbaiki keterbatasan dari wifi yang ada atau yang biasa disebut wifi 802.11ac. Selain itu, wifi 6 adalah jawaban dari permasalahan keterbatasan wifi 5 untuk perangkat terbaru. Jika Anda memiliki perangkat VR, smart home atau perangkat lainnya untuk kantor, maka route wifi 6 menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Wifi 6 adalah wifi yang cocok untuk keperluan bisnis dan perkantoran. Melalui teknologi terbarunya, wifi 6 dapat meningkatkan performa jaringan pengguna yang padat seperti di perkantoran dan stadium. Jadi hal ini tentunya akan meningkatkan performa kegiatan operasional bisnis Anda karena ditunjang dengan koneksi jaringan yang memadai.

Wifi 6 juga tidak hanya berfokus pada kecepatan dari koneksi internet, tapi juga peningkatan efisiensi dan mengurangi penggunaan bandwidth yang berat. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi adanya permasalahan jaringan wifi di kantor Anda ataupun bisnis Anda.

Seberapa Cepat Wifi 6

Wifi 6.0 memberikan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan wifi 5. Hal ini dapat dilihat dari waktu transmisi maksimum meningkat dari 3,5 Gbps untuk wifi 5 (generasi pendahulunya) menjadi 9,6Gbps untuk wifi 6. Peningkatan ini juga sangat signifikan yaitu hampir sebesar 3 kali lipat.

                                                                                                                 Sumber: Minim.com

Akan tetapi, dalam penggunaan umumnya kecepatan wifi 6 tidak akan mencapai maksimum kecepatan dari 9,6 Gbps. Namun, dengan adanya peningkatan kecepatan pastinya dari kualitas konektivitasnya lebih maju dibandingkan pendahulunya yaitu wifi 5.

Perbedaan Wifi 5 dan Wifi 6

Wifi 5 vs wifi 6? Jika kita berbicara tentang Wifi 5 maka kita juga akan berpikir bagaimana performa dari pendahulunya atau yang biasa kita kenal dengan wifi 5. Berikut perbedaan wifi 5 dan wifi 6:

  1. Perbedaan Frekuensi
    Kelebihan Wifi 6 dapat mencakup frekuensi yang lebih luas dibandingkan pada wifi 5. Wifi 6 dapat melibatkan frekuensi dari 2,4 hingga 5 Ghz, sedangkan Wifi 5 hanya bisa digunakan untuk peralatan berfrekuensi 5GHz. Hal ini menunjukan bahwa Wifi 6 dapat digunakan oleh peralatan baik yang memiliki frekuensi rendah atau tinggi
  2. Perbedaan Modulasi
    Beda wifi 5 dan wifi 6 yang kedua yaitu adanya perbedaan modulasi. Wifi 6 mendukung 1024-QAM, sedangkan pada Wifi 5 hanya mendukung 256-QAM. Hal ini menunjukan bahwa wifi 6 memiliki lebih banyak kapasitas data sehingga punya kecepatan transmisi yang lebih tinggi.
  3. Teknologi OFDMA
    Kelebihan Wifi 6 yaitu memiliki teknologi OFDMA yang terbaru sehingga dapat mendukung terminal dalam melakukan transmisi paralel. Sedangkan Wifi 5 hanya didukung oleh teknologi OFDM saja. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan mengurangi lagging.
  4. Perbedaan Waktu Transmisi
    Beda wifi 5 dan wifi 6 selanjutnya yaitu adalah perbedaan waktu transmisi. Waktu transmisi dari wifi 6 ditingkatkan dari wifi 5 yaitu menjadi 2,8μs. Dampaknya jaringan menjadi lebih stabil pada wifi 6
  5. Perbedaan Kapasitas
    Wifi 6.0 memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan wifi 5. Hal ini karena Wifi 6 dibekali teknologi MU-MIMO multi user yang dapat mengizinkan beberapa komputer/perangkat untuk online secara bersamaan dengan urutan antrian dari efisiensi rendah ke efisiensi tinggi. 

Mengapa Harus Menggunakan Wifi 6 untuk Bisnis?

Konektivitas wifi yang baik dapat memudahkan proses operasional dalam bisnis. Apalagi konektivitas bagi sebuah bisnis digital yang notabennya pasti menggunakan jaringan internet.  Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan wifi 6 untuk bisnis Anda

  1. Konektivitas yang Cepat
    Wifi 6 memberikan kecepatan 5x lebih besar dibandingkan dengan Wifi 5. Dengan begitu dalam pembuatan cloud dan kolaborasi menjadi lebih responsif sekaligus kecepatan untuk berbagi file, dan pembaruan akan lebih cepat.
  2. Mencegah Kemacetan Trafik
    Kemacetan trafik merupakan salah satu hal yang meresahkan pada wifi 4 dan wifi 5. Hal ini dikarenakan wifi 6 menggunakan pita frekuensi 6 GHz pada frekuensi 1.200 MHz. Dimana frekuensi ini melebih gabungan frekuensi dari wifi 4 dan wifi 5 yaitu pada rentang 2,4 GHz dan 5 GHz.
  3. Cocok untuk Perangkat Baru dan Lama
    Wifi 6 pada dasarnya dikembangkan untuk membantu kompatibilitas dengan perangkat terbaru. Namun, tidak hanya perangkat baru, perangkat lama juga dapat beroperasi menggunakan wifi 6. Apalagi masih banyak peralatan di bidang manufaktur dan kesehatan yang menggunakan frekuensi lama yaitu 2,4 GHz.
  4. Keamanan Jaringan
    Wifi 6 menawarkan keamanan jaringan yang lebih baik dibandingkan dengan para pendahulunya. Hal ini mengingat masalah terkait kurangnya keamanan jaringan wifi sehingga data mudah untuk di hack. Wifi 6 dibekali dengan dua sistem keamanan jaringan yang dikenal dengan WPA 3 dan Wifi Enhanced Open:
  • Wifi Protected Area (WPA 3)
    WPA 3 adalah pengembangan terbaru dari standar enkripsi dan autentikasi sehingga data penting memiliki enkripsi yang kuat.
  • Wifi Enhanced Open
    Sistem ini memberikan jaringan terbuka untuk tamu dan pelanggan. Adanya sertifikasi ini membuat pengguna tidak harus melakukan autentikasi untuk bergabung dalam wifi.

Bangun Infrastruktur Digital Perusahaan yang Aman Dengan R17

Sebelumnya kita sudah mengetahui berbagai keunggulan dari wifi 6 dibandingkan dengan wifi 5. Salah satu keunggulan dari wifi 6 adalah keamanan jaringannya yang lebih baik. Keamanan jaringan adalah hal yang penting dalam sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan, hacker dapat mencuri data-data penting melalui jaringan sehingga dapat merugikan perusahaan Anda.

Untuk membuat transformasi digital diperlukan sistem keamanan digital yang kuat. Jangan sampai data perusahaan Anda di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka percayakanlah pengelolaan infrastruktur digital Anda pada layanan infrastruktur digital yang terpercaya seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga