APA ITU SD WAN? KENALI PENGERTIAN, MANFAAT, DAN KEUNGGULANNYA

Share

Wednesday, 28 September 2022

Apa itu SD WAN? Di era kemajuan teknologi, semua perusahaan baik dan lembaga pemerintah memerlukan kecepatan internet yang tinggi. Saat ini SD WAN (Software Defined Wide Area Network) dipercaya untuk menangani masalah tersebut.

Teknologi SD WAN saat ini mulai banyak digunakan, bahkan diprediksi akan terus meningkat. diprediksi market global dari SD WAN akan mencapai $26 Miliar di tahun 2028.

Lalu apakah itu SD WAN? Apa yang membedakan SD WAN dengan WAN tradisional, bagaimana keunggulannya? Dalam artikel ini akan dibahas tuntas mengenai apa itu SD WAN.

Apa itu SD WAN?

SD WAN atau yang dikenal dengan Software Defined Wide Area Network merupakan bentuk aplikasi teknologi SDN yang diaplikasikan pada teknologi WAN. Fungsi dari SD WAN yaitu untuk menghubungkan jaringan perusahaan mulai dari kantor cabang dan data center yang terpisah pada lokasi yang jauh.

SD WAN dapat menggunakan software yang dapat mengontrol operasional jaringan di area yang luas dengan mudah dan fleksibel. Teknologi ini dapat meminimalkan kompleksitas melalui teknologi dengan zero touch provisioning yang mampu mengurangi resiko human error.

Apa yang Dimaksud dengan Managed SD WAN

Managed SD WAN merupakan sebuah jasa yang ditawarkan kepada konsumen, dimana konsumen membayar provider jasa untuk menginstal dan memberikan konektivitas dari jaring. Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan penambahan aplikasi, monitoring dan jasa pemeliharaan.

Bagi penyedia layanan provider, managed SD WAN menjadi salah satu peluang untuk menawarkan sebuah nilai tambah pada layanannya dengan sistem SD WAN security dan peningkatan performa dari aplikasi. Jasa Managed SD WAN memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda karena tidak perlu lagi kesulitan untuk menyiapkan SD WAN sendiri.

Apa Perbedaan SD WAN dan WAN?

SD WAN tentunya memiliki perbedaan dibandingkan dengan WAN tradisional. Beberapa fitur dari SD WAN memiliki kelebihan dibandingkan WAN. Mengutip dari Actcorp.in, berikut ulasan mengenai 6 perbedaan antara SD WAN dan WAN.

Tabel 1. Perbedaan WAN dan SD WAN

No

WAN

SD WAN

1.

Bergantung pada pendekatan konvensional

Bergantung pada pendekatan software

2.

Tidak memiliki fleksibilitas pada WAN management

Memberikan fleksibilitas pada WAN management

3.

Proses konfigurasi memerlukan waktu yang lama

Proses konfigurasi yang cepat

4.

Konfigurasi WAN bergantung pada kemampuan ahli

SD WAN dapat berjalan secara otomatis tanpa memerlukan SDM

5.

Harganya sangat mahal jika Anda mencari konektivitas kecepatan tinggi

Harganya relatif murah untuk konektivitas kecepatan tinggi

6.

Dapat diamankan hanya melalui koneksi MPLS (Multi Protocol Label Switching)

Melindungi data traffic melalui enkripsi end to end

 



 

 

 

 

 

Apa Keunggulan dari SD WAN?

Menggunakan SD WAN tentunya memberikan manfaat bagi perusahaan Anda. Berikut manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan SD WAN.

  1. Performa
    SD WAN banyak digunakan pada perusahaan hingga lembaga pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada MPLS yang lambat dan punya harga yang mahal. Rata-rata router memiliki waktu failover membutuhkan waktu 1 detik sehingga lebih mudah mengakses situs yang punya kapasitas besar. SD WAN dapat mengurangi hambatan dengan langsung menghubungkan situs ke internet.
  2. Cost Effective
    SD WAN memberikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan WAN tradisional. Tidak hanya itu, SD WAN juga akan membantu perusahaan Anda untuk menurunkan biaya operasional sehingga lebih murah dan efisien.
  3. Multiple Link Resilience
    SD WAN dapat memungkinkan untuk menggunakan banyak link dari ISP yang berbeda atau yang biasa disebut multiple link resilience. Dengan demikian dapat menghilangkan satu titik kegagalan penyebab jaringan terputus
  4. Meningkatkan Keamanan
    Transformasi digital bagaikan pisau bermata dua, dapat meningkatkan kenyamanan konsumen tapi di satu isi informasi perusahaan beresiko untuk dicuri. Beberapa solusi dari SD WAN menawarkan peningkatan keamanan sehingga data perusahaan Anda lebih aman.
  5. Kompleksitas yang Rendah
    Transformasi digital terus menambah kompleksitas pada suatu jaringan. Namun, hal ini dapat menurunkan performa jaringan sekaligus membutuhkan SDM untuk manajemen infrastruktur IT. Untungnya, SD WAN memiliki kompleksitas yang rendah dengan menurunkan kompleksitas dari WAN tradisional. 

3 Hal Mengapa Harus Menggunakan SD WAN

Ada beberapa hal mengapa perusahaan Anda perlu menggunakan SD WAN. Berikut fitur-fitur SD WAN yang akan membantu perusahaan Anda.

  1. Zero Touch
    SD WAN dapat mengurangi beban bagi tim IT karena memberikan solusi yang dapat mengautomasi device provisioning.
  2. Bandwidth Relief
    Anda memerlukan waktu selama seminggu atau sebulan untuk melakukan deploy tambahan pada MPLS. Namun, pada SD WAN proses tersebut dapat berjalan dengan lebih cepat.
  3. Peak Performance
    SD WAN dapat mensupport berbagai jenis aplikasi sehingga dapat meningkatkan performa dari aplikasi cloud.

Bangun Infrastruktur Digital Anda Bersama R17

Transformasi digital sebuah perusahaan di era digital merupakan sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan, transformasi digital akan dapat mempercepat perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan infrastruktur digital sistem informasi untuk menunjang hal tersebut.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan fokus pada sistem integrasi dan penyedia infrastruktur jaringan melalui berbagai solusi, diantaranya adalah Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration serta Security & Intelligence. Dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya, kami memanfaatkan teknologi berupa solusi-solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga!