APA ITU WEB 3? KENALI EVOLUSI KETIGA DARI DUNIA INTERNET

Share

Wednesday, 12 October 2022

Apa itu Web 3

Menurut New York Times, Web 3 adalah layanan internet yang dibangun berdasarkan desentralisasi dari blockchain. Melalui sistem pada web 3, layanan besar seperti Amazon, Microsoft dan Youtube tidak mendominasi atau memonopoli layanan di Internet. Hal ini sangat penting dibuatnya web 3 karena menurut laporan semrush, jumlah pengunjung pada situs besar tersebut jika digabungkan 20 kali lebih banyak dibandingkan situs lain.

Pakcy McCormick yang merupakan seorang investor yang membantu mempopulerkan web 3  mengatakan bahwa dengan adanya web 3, internet akan sepenuhnya dimiliki oleh pengembang dan pengguna yang diatur melalui token. Namun, banyak perdebatan mengatakan bahwa web 3 hanyalah sebuah rebranding dari kripto agar masyarakat lebih percaya dengan blockchain.

Jika Anda membaca mengenai Web 3 Anda banyak mendengar istilah cryptocurrency. Hal ini karena cryptocurrency memegang peran besar dalam pengembangan protokolnya. Kripto menjadi sarana pemberi insentif keuangan bagi setiap bagian dalam web 3.

Apa Perbedaan Web 3 dengan Generasi Sebelumnya

Web 3 memiliki perbedaan fundamental dengan generasi dari web 1 maupun web 2. Web 3 dibuat untuk memperbaiki kelemahan dari generasi sebelumnya. Berikut kami rangkum perbedaan dari ketiga generasi web ini.

Sumber: Enlear.academy

  1. Web 1
    Web 1 disebut sebagai website yang statik dan penggunanya hanya mengkonsumsi konten. Sedangkan para kreator merupakan pengembang yang membangun website tersebut. Web 1 digunakan dari tahun 1991 hingga tahun 2004. Selain itu, web 1 hanya berupa teks dan gambar saja sehingga kurang interaktif.
  2. Web 2
    Web 2 merupakan web yang kita gunakan saat ini. Anda dapat mengatakan bahwa web 2 merupakan web yang memungkinkan interaksi antara pengguna dan pembuat konten. Pada web 2, Anda juga tidak harus menjadi developer seperti web 1 untuk membuat konten. Contohnya pada web 2 memungkinkan adanya seseorang yang menjadi influencer seperti di youtube dan instagram. Mereka mengupload foto dan video sehingga ditonton oleh jutaan orang. Selanjutnya, orang dapat memberikan komentar dari video yang dibuat oleh konten kreator. Namun, kelemahannya web 2 tersentralisasi pada perusahaan web besar seperti google, facebook, twitter dan youtube. Oleh karena itu, web 3 menawarkan desentralisasi sebagai pembeda yang fundamental dari web sebelum nya. 
  3. Web 3
    Berbeda dengan dua web sebelumnya, maka web 3 lebih menanamkan fitur desentralisasi. Web 3 ini juga memiliki tiga karakteristik utama yaitu sebagai berikut ini.
  • Trustless
    Interaksi pengguna dalam web3 akan mengandalkan algoritma komputer bukan pihak ketiga
  • Self Governance
    Adanya sistem desentralisasi automos organization atau yang disebut sebagai DAO
  • Ownership
    Para pengguna dimungkinkan untuk mengontrol data pribadinya sehingga dapat lebih aman.

Infrastruktur Digital Aman Bersama R17

Sebelumnya kita sudah membahas web 3 secara lengkap. Terlihat jelas bahwa dunia digital terus berkembang secara pesat. Maka setiap perusahaan harus dapat mengikuti perkembangan digital agar dapat bersaing secara global.

Untuk membuat transformasi digital diperlukan sistem keamanan digital yang kuat. Jangan sampai data perusahaan Anda di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka percayakanlah pengelolaan infrastruktur digital Anda pada layanan infrastruktur digital yang terpercaya seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga