Cloud Security: Menjaga Keamanan Data Anda di Era Cloud

Share

Thursday, 9 March 2023

Apa itu cloud security? Banyak perusahaan yang beralih ke infrastruktur cloud untuk menyimpan data dan menjalankan aplikasi mereka. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan biaya yang lebih rendah, tetapi juga meningkatkan risiko keamanan data. Seiring dengan munculnya teknologi baru, serangan siber juga semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan dan memahami pentingnya cloud security.

Artikel ini akan membahas pentingnya cloud security dalam era modern, serta jenis-jenis layanan keamanan cloud yang tersedia. Kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah penting yang dapat Anda ambil untuk melindungi data bisnis Anda di era cloud. Anda akan belajar tentang manfaat dari layanan keamanan cloud, termasuk bagaimana solusi ini dapat membantu Anda menjaga integritas dan keamanan data Anda.

Jadi, jika Anda ingin menjaga data bisnis Anda aman dan terlindungi dari serangan siber, baca artikel ini. Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya cloud security dan temukan cara untuk mengamankan bisnis Anda di era cloud!

Apa itu Cloud Security?

Sumber: Harbour Technology

Secara sederhana cloud security adalah sekumpulan teknologi, kebijakan, prosedur, dan kontrol yang dirancang untuk melindungi data dan infrastruktur yang disimpan dan diakses melalui layanan cloud. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa cloud computing semakin populer dan banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan individu. Namun, dengan semakin banyaknya data yang disimpan di cloud, keamanan menjadi semakin penting. Bahkan, serangan cyber pada infrastruktur cloud menjadi salah satu ancaman terbesar bagi keamanan data dan privasi pengguna.

Untuk itu, para penyedia layanan cloud harus memastikan bahwa layanan yang mereka sediakan aman dan terlindungi dari serangan cyber. Hal ini termasuk memastikan enkripsi data, penggunaan protokol keamanan yang kuat, pemantauan dan deteksi ancaman secara aktif, dan teknik keamanan lainnya.

5 Jenis-Jenis Cloud Security

Ketika kita berbicara tentang cloud security, seringkali kita menemukan banyak jenis layanan keamanan yang berbeda untuk melindungi data dan infrastruktur di lingkungan cloud. Menurut parallels ada beberapa jenis cloud security yaitu sebagai berikut ini:

1. Data Loss Prevention (DLP)

Layanan DLP dirancang untuk mendeteksi keberadaan data sensitif seperti nomor kartu kredit, informasi kesehatan yang dilindungi, dan nomor social security, dan mencegah data tersebut jatuh ke tangan yang salah. Layanan ini sangat penting dalam melindungi privasi dan keamanan data pengguna.

2. Email Security

Sebagai titik lemah dalam rantai keamanan, pengguna sering menjadi target dalam serangan siber. Dan karena hampir semua pengguna menggunakan email, banyak serangan seperti phishing dan Trojan dilakukan melalui media tersebut. Beberapa serangan tersebut dapat mengancam lingkungan cloud Anda. Misalnya, serangan spear phishing dapat ditujukan untuk mendapatkan kredensial administrator cloud. Salah satu cara untuk mengurangi ancaman tersebut adalah dengan menggunakan layanan email security yang mampu mendeteksi email phishing dan lampiran berbahaya.

3. Web Security

Peningkatan penggunaan layanan cloud menjadi beban tambahan bagi administrator TI, yang sekarang harus menangani permukaan serangan yang lebih besar. Pengguna mengakses layanan cloud dari lokasi yang berbeda - di kantor pusat, di rumah, di kantor cabang, atau di mana saja. Solusi web security, yang ditempatkan di antara pengguna (tidak peduli lokasi) dan internet dalam skenario yang umum, memberikan cara bagi administrator untuk mengamankan koneksi tersebut dan melindunginya dari ancaman siber.

4. Intrusion Detection

Solusi intrusion-detection memantau lalu lintas masuk dan keluar untuk aktivitas yang mencurigakan dan mendeteksi ancaman potensial. Biasanya, deteksi dilakukan melalui mekanisme pengenalan pola yang mengidentifikasi tanda tangan dan perilaku tertentu. Intrusion detection tradisional biasanya diterapkan pada lapisan jaringan. Namun, sekarang kita melihat lebih banyak solusi yang menerapkan.

5. Identity and Access Management (IAM)

Layanan IAM memastikan bahwa pengguna hanya dapat mengakses sumber daya cloud dan melakukan tindakan yang sesuai dengan peran dan fungsi mereka. Misalnya, seorang pengguna biasa tidak boleh dapat membuat instansi atau menghapus snapshot. Layanan IAM memungkinkan administrator membuat kebijakan izin dan menghubungkannya dengan pengguna atau kelompok pengguna.

5 Manfaat Cloud Security

Cloud security membantu melindungi data Anda dari ancaman siber dan memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Berikut adalah lima manfaat cloud security:

1. Keamanan Data yang Lebih Baik

Salah satu manfaat terbesar dari cloud security adalah peningkatan keamanan data. Cloud security provider menawarkan berbagai alat dan layanan untuk melindungi data yang disimpan di cloud. Enkripsi, kontrol akses, dan pemantauan hanya beberapa contoh langkah keamanan yang dapat dilakukan oleh penyedia cloud security untuk melindungi data Anda.

2. Penghematan Biaya

Menurut box, menerapkan dan memelihara sistem keamanan on-premises bisa sangat mahal, memerlukan investasi yang signifikan dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan personel. Sebaliknya, solusi cloud security biasanya lebih hemat biaya, dengan model harga berdasarkan penggunaan dan biaya berlangganan.

3. Skalabilitas

Manfaat lain dari cloud security adalah skalabilitasnya. Solusi cloud security dapat dengan mudah ditingkatkan atau diturunkan berdasarkan kebutuhan yang berubah-ubah dari bisnis. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan diri dengan ancaman keamanan yang berubah-ubah, memastikan bahwa mereka selalu memiliki tingkat perlindungan yang sesuai.

4. Fleksibilitas

Solusi cloud security sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan keamanan khusus bisnis Anda. Provider cloud security menawarkan berbagai layanan dan alat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap klien.

5. Kemudahan Implementasi

Solusi cloud security relatif mudah diimplementasikan dibandingkan dengan solusi on-premises. Dengan cloud security, bisnis tidak perlu khawatir tentang instalasi perangkat keras atau perangkat lunak, konfigurasi, atau pemeliharaan. Provider cloud security menangani tugas-tugas ini, memungkinkan bisnis untuk fokus pada operasi inti mereka.

5 Cara Kerja Cloud Security

Sumber:eescorporation

Cloud security mengacu pada praktik keamanan yang diterapkan pada lingkungan cloud computing. Cara kerja cloud security tergantung pada jenis layanan keamanan yang diterapkan pada lingkungan cloud tertentu. Berikut adalah beberapa contoh cara kerja dari layanan keamanan cloud yang umum:

1. Enkripsi data

Enkripsi adalah teknik keamanan yang mengubah data menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang. Penerapan enkripsi pada data di cloud membuat data Anda tetap aman selama transit maupun saat disimpan di dalam lingkungan cloud. Enkripsi dapat diterapkan pada data saat dipindahkan ke cloud, disimpan di cloud, maupun saat dipindahkan keluar dari cloud.

2. Kontrol akses

Kontrol akses merupakan praktik keamanan yang memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat mengakses sumber daya cloud Anda. Hal ini mencakup pembatasan akses terhadap data dan aplikasi tertentu, serta pemilihan jenis otorisasi dan autentikasi yang digunakan untuk melindungi sumber daya tersebut. Sebagai contoh, sebuah aplikasi bisnis dapat dibuat agar hanya dapat diakses oleh karyawan tertentu dengan izin akses yang sesuai.

3. Firewall virtual

Firewall virtual digunakan untuk mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari lingkungan cloud. Firewall ini dapat diterapkan pada level jaringan, virtual machine, atau bahkan aplikasi. Dengan firewall virtual, Anda dapat mencegah serangan yang ditujukan pada sumber daya cloud Anda.

4. Deteksi ancaman

Layanan deteksi ancaman pada cloud memungkinkan Anda untuk memantau sumber daya cloud Anda secara real-time, dan memberikan peringatan jika terdapat ancaman keamanan. Layanan ini menggunakan berbagai teknik, termasuk deteksi malware, analisis log, dan analisis perilaku untuk memastikan bahwa sumber daya cloud Anda tetap aman.

5. Pemulihan bencana

Ketika terjadi bencana, seperti bencana alam atau serangan siber, maka sumber daya cloud Anda dapat terkena dampaknya. Namun, dengan layanan pemulihan bencana, Anda dapat memastikan bahwa sumber daya Anda dapat dipulihkan dan tetap berjalan dengan cepat setelah bencana tersebut terjadi. Layanan ini mencakup backup data secara teratur dan pemulihan data yang efektif.

R17: Solusi Keamanan Siber untuk Perusahaan Anda

Apakah organisasi Anda tengah mencari solusi keamanan siber yang handal dan terpercaya untuk mencapai transformasi digital? Di era digital saat ini, keamanan siber menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tanpa sistem keamanan yang kuat, organisasi Anda dapat rentan terhadap serangan siber yang dapat merusak sistem dan data Anda. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya kepercayaan dari pelanggan dan bahkan kerugian finansial yang signifikan.

Jangan khawatir! Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menyediakan solusi keamanan siber yang dapat membantu organisasi Anda mencapai transformasi digital yang aman dan terpercaya. Sebagai perusahaan integrator sistem besar, R17 membantu pemerintah, perusahaan, dan BUMN mencapai transformasi digital dengan menyediakan infrastruktur handal, sistem keamanan siber yang terlapis, dan sistem aplikasi untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan, dan kinerja BUMN.

Solusi yang disediakan R17 sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda, apakah Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks. Dengan solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence, R17 dapat membantu organisasi Anda untuk mencapai transformasi digital dengan aman dan efektif.

Simak informasi selengkapnya disini!