CLOUD WORKLOAD PROTECTION: SOLUSI KEAMANAN DATA DI CLOUD

Share

Friday, 30 December 2022

Cloud Workload Protection (CWP) adalah platform yang dapat membantu perusahaan mengelola dan mengamankan workload di cloud dengan lebih efisien dan aman. Namun, dengan banyaknya pilihan CWP yang tersedia, mungkin sulit untuk memutuskan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu CWP, bagaimana cara kerjanya, dan keuntungan yang dapat didapat dengan menggunakannya. Kita juga akan membahas beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih CWP yang tepat untuk perusahaan Anda.

Apa itu Cloud Workload Protection?

Sumber: Uptycs.com

 

Cloud Workload Protection (CWP) adalah solusi keamanan yang digunakan untuk melindungi workload (aplikasi, data, dan sistem) yang dijalankan di cloud computing. CWP memberikan fitur-fitur yang bertujuan untuk mengelola dan mengamankan workload di cloud dari ancaman keamanan yang mungkin terjadi.

CWPs biasanya menawarkan fitur-fitur seperti enkripsi data, backup data dan sistem, firewall, dan monitoring aktivitas untuk mengelola dan mengamankan workload di cloud. Tujuan dari CWP adalah untuk meningkatkan keamanan dan privasi data, meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas, serta mengurangi biaya pengelolaan workload di cloud.

CWPs bisa digunakan oleh perusahaan maupun individu yang menggunakan cloud computing untuk mengelola dan mengamankan workload mereka. Namun, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari CWP sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Sebagai contoh, CWP mungkin memberikan biaya tambahan dan membutuhkan keandalan vendor CWP yang tinggi, namun dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan keamanan dan privasi data di cloud.

Apa Fungsi Cloud Workload Protection?

Sumber: Gartner

Cloud Workload Protection (CWP) memiliki beberapa fungsi utama yaitu:

  1. Mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan: CWP membantu mengidentifikasi risiko keamanan yang mungkin terjadi pada workload di cloud, seperti serangan malware, phishing, atau akses tidak sah. CWP juga menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu mengelola risiko tersebut, seperti firewall atau sistem deteksi anomali.
  2. Mengelola akses dan autentikasi: CWP membantu mengelola akses ke workload di cloud dengan menggunakan fitur autentikasi yang kuat, seperti autentikasi multifaktor atau biometrik. Ini membantu mencegah akses tidak sah ke workload di cloud.
  3. Memonitor dan mengelola perubahan: CWP membantu memonitor aktivitas workload di cloud untuk mendeteksi perubahan yang tidak diinginkan atau anomali. CWP juga menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu mengelola perubahan pada workload di cloud, seperti sistem backup atau sistem penjadwalan perubahan.

Dengan menggunakan CWP, Anda dapat lebih mudah mengelola dan mengamankan workload di cloud, serta meningkatkan keamanan dan privasi data di cloud. Namun, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari CWP sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

5 Jenis-Jenis Cloud Workload Protection

Berikut adalah beberapa jenis Cloud Workload Protection (CWP) yang sering digunakan:

1. Cloud Workload Encryption 

Menyediakan fitur enkripsi untuk data yang disimpan dan ditransmisikan di cloud. Ini membantu meningkatkan privasi dan keamanan data di cloud.

2. Cloud Workload Backup 

Menyediakan fitur cadangan data dan sistem pada cloud. Ini membantu mengurangi risiko kehilangan data di cloud.

3. Cloud Workload Firewall 

Menyediakan fitur firewall untuk mengelola akses ke workload di cloud. Ini membantu mencegah serangan yang tidak diinginkan atau akses tidak sah ke workload di cloud.

4. Cloud Workload Monitoring 

Menyediakan fitur monitoring aktivitas workload di cloud untuk mendeteksi anomali atau kegiatan yang tidak diinginkan. Ini membantu meningkatkan keamanan workload di cloud.

5. Cloud Workload Compliance 

Menyediakan fitur untuk memastikan bahwa workload di cloud memenuhi standar kepatuhan yang ditetapkan, seperti regulasi industri atau standar keamanan. Ini membantu meningkatkan kepatuhan dan transparansi di cloud.

Pilihan jenis CWP yang tepat tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Sebagai contoh, perusahaan yang mengelola data yang sensitif mungkin lebih membutuhkan CWP yang menyediakan fitur enkripsi data, sedangkan perusahaan yang memiliki risiko kehilangan data tinggi mungkin lebih membutuhkan CWP yang menyediakan fitur backup data.

Cara Kerja Cloud Workload Protection

Cloud Workload Protection (CWP) adalah platform yang berjalan di lingkungan cloud publik yang digunakan untuk mengamankan workload server. CWP mengakses sumber daya cloud perusahaan melalui gateway atau integrasi dengan layanan pihak ketiga. CWP dapat mendeteksi event yang dapat mengindikasikan potensi serangan, seperti akses yang tidak sah ke mesin virtual (VM), traffic jaringan yang tidak biasa, atau perilaku sistem yang mencurigakan. CWP juga dapat memindai aktivitas anomali pada file log dan data untuk meningkatkan visibilitas di lingkungan cloud.

Setelah mendeteksi event tersebut, CWP menerapkan kontrol akses adaptif untuk memblokir aksi-aksi yang merugikan, mengurangi false alarm, dan menjaga privasi. CWP juga memberikan kewaspadaan situasional kepada pengguna terhadap aktivitas cloud sambil memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi workload secara individual dan mengambil log untuk analisis lebih lanjut. Tim di IT security operations centers (SOC) dapat mengidentifikasi masalah, memahami penyebab inti masalah tersebut, dan mengelola tindakan prioritas.

4 Keuntungan Workload Protection

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat didapat dengan menggunakan Cloud Workload Protection (CWP):

1. Meningkatkan keamanan dan privasi data 

CWP menyediakan fitur-fitur yang dapat membantu mengamankan workload di cloud, seperti enkripsi data, firewall, atau monitoring aktivitas. Ini membantu meningkatkan keamanan dan privasi data di cloud.

2. Meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas 

CWP membantu mengelola workload di cloud dengan lebih efisien dan fleksibel, seperti dengan menyediakan fitur penjadwalan perubahan atau integrasi dengan layanan pihak ketiga. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam mengelola workload di cloud.

3. Menurunkan biaya pengelolaan workload 

CWP dapat membantu mengurangi biaya pengelolaan workload di cloud dengan menyediakan fitur-fitur yang membantu mengelola workload secara efisien, seperti fitur backup atau monitoring aktivitas. Ini membantu mengurangi biaya pengelolaan workload di cloud.

4. Memudahkan manajemen workload di cloud

CWP menyediakan antarmuka yang memudahkan pengguna untuk mengelola dan mengamankan workload di cloud dengan mengakses fitur-fitur yang tersedia. Ini membantu memudahkan manajemen workload di cloud.

Cara Memilih Cloud Workload Protection yang Tepat untuk Perusahaan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu perusahaan Anda memilih Cloud Workload Protection (CWP):

1. Tentukan kebutuhan keamanan dan privasi data 

Pertimbangkan apakah perusahaan memiliki kebutuhan keamanan dan privasi data yang tinggi, seperti enkripsi data atau firewall. Pilih CWP yang menyediakan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan keamanan dan privasi data perusahaan.

2. Cari CWP yang mudah digunakan 

Pilih CWP yang memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan mempermudah manajemen workload di cloud.

3. Sesuaikan dengan skala dan jenis workload 

Pilih CWP yang sesuai dengan skala dan jenis workload yang dikelola perusahaan, seperti server, VM, container, atau serverless. Pilih CWP yang menyediakan dukungan untuk workload tersebut.

4. Pertimbangkan integrasi dengan layanan pihak ketiga 

Jika perusahaan menggunakan beberapa layanan pihak ketiga, pertimbangkan CWP yang dapat terintegrasi dengan layanan tersebut. Hal ini akan mempermudah manajemen workload di cloud.

5. Tentukan anggaran yang tersedia 

Tentukan anggaran yang tersedia untuk CWP dan pilih yang sesuai dengan anggaran tersebut. Pastikan juga untuk mempertimbangkan biaya tambahan yang mungkin dibutuhkan, seperti biaya dukungan atau integrasi dengan layanan pihak ketiga.

6. Baca ulasan dan tes fitur CWP 

Baca ulasan dari pengguna lain tentang CWP yang sedang dicari, dan lakukan tes fitur jika diperlukan untuk memastikan CWP tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Keamanan Data Terjamin Bersama R17

Sebelumnya Anda pasti telah mengetahui bahwa keamanan data adalah hal penting yang perlu Anda jaga. Jangan sampai data perusahaan Anda dicuri dan disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Solusi terbaik yaitu bekerja sama dengan perusahaan jasa yang menjamin keamanan data perusahaan Anda seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.