Cybersecurity Remote Worker: 10 Hal Yang Harus Diketahui Pekerja Remote

Share

Monday, 14 August 2023

Apa Itu Cybersecurity?

Free photo top view person writing on laptop with copy space

Sumber : freepik

Cybersecurity remote worker merupakan peran yang sangat penting dalam melindungi data dan sistem dari serangan cyber yang terjadi. Cyber security merupakan serangkaian upaya untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal. Secara khusus, ini adalah proses perlindungan sistem, data, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital.

Ancaman dalam dunia siber dapat berasal dari berbagai sumber, seperti peretas (hacker), malware (software berbahaya), serangan DDoS (Distributed Denial of Service), pencurian data, phising (penipuan daring), dan banyak lagi. Semua ini dapat menyebabkan kerusakan serius, seperti kebocoran informasi sensitif, kerusakan sistem, gangguan layanan, atau bahkan penyalahgunaan data.

Tingkat keamanan sistem komputer dan data saat ini sangatlah penting bagi berbagai jenis perusahaan dan institusi. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memahami dan menerapkan cyber security dengan baik.

 

Mengapa Cybersecurity Penting Bagi Remote Worker?

Remote worker atau pekerja jarak jauh semakin populer di era digital ini. Model kerja ini menawarkan fleksibilitas tinggi, memungkinkan pekerja untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja. Namun, dengan keuntungan tersebut, juga datang tantangan baru terkait keamanan siber. Artikel ini akan menjelaskan mengapa keamanan siber penting bagi pekerja jarak jauh dan memberikan langkah-langkah untuk melindungi informasi pribadi dan data perusahaan.

1. Ancaman Keamanan di Lingkungan Daring

Remote worker sering kali terhubung ke internet melalui jaringan publik yang tidak aman, seperti Wi-Fi di kafe, bandara, atau hotel. Saat terhubung ke jaringan ini, data yang dikirim dan diterima dapat rentan terhadap peretasan yang mencuri informasi sensitif seperti kata sandi, informasi kartu kredit, atau data bisnis rahasia.

Selain itu, phising dan serangan malware juga merupakan ancaman besar bagi remote worker. Email palsu atau tautan berbahaya dapat menyebabkan akses ilegal ke sistem atau menginfeksi perangkat dengan virus berbahaya.

2. Data Bisnis dan Informasi Sensitif

Remote worker seringkali mengakses dan menyimpan data bisnis penting dari perangkat pribadi mereka. Hal ini meningkatkan risiko kebocoran data atau akses tidak sah jika perangkat tersebut tidak dilindungi dengan baik. Selain itu, kehilangan perangkat atau pencurian dapat menyebabkan kebocoran informasi yang merugikan perusahaan.

3. Meningkatkan Tantangan Keamanan

Remote worker mungkin menggunakan berbagai perangkat, seperti laptop, smartphone, atau tablet, untuk bekerja. Setiap perangkat ini harus dijamin keamanannya agar tidak menjadi pintu masuk bagi peretas untuk mengakses data dan informasi penting.

 

10 Hal Penting Cybersecurity Remote Worker Yang Wajib Diketahui

Free photo hands working on digital device network graphic overlay

Sumber : freepik

Cyber security bagi remote worker adalah langkah krusial untuk mengamankan data dari aktivitas online pada era digital saat ini. Penggunaan layanan VPN, pembaruan perangkat lunak, dan penggunaan kata sandi yang kuat adalah beberapa cara efektif untuk melindungi data pribadi dan informasi bisnis dari serangan siber.

Aktifkan autentikasi dua faktor, proteksi perangkat dengan antivirus, serta verifikasi keamanan jaringan rumah juga diperlukan. Dengan langkah-langkah pencegahan ini, remote worker dapat bekerja dengan lebih aman dan mengurangi risiko kebocoran data serta akses ilegal

  1. Penggunaan Jaringan Virtual Pribadi (VPN)

Gunakan layanan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas internet, sehingga informasi pribadi dan data kerja tetap aman saat terhubung ke jaringan publik.

  1. Pembaruan Perangkat Lunak

Selalu perbarui sistem operasi, perangkat lunak keamanan, dan aplikasi ke versi terbaru untuk mengatasi kerentanannya terhadap serangan cyber.

  1. Penggunaan Kata Sandi yang Kuat

Gunakan kata sandi yang kompleks dan unik untuk setiap akun, serta pertimbangkan menggunakan manajer kata sandi untuk mengelola mereka.

  1. Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Aktifkan autentikasi dua faktor pada akun-akun yang mendukungnya untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan.

  1. Perlindungan Perangkat

Pastikan perangkat (laptop, smartphone, tablet) yang digunakan untuk bekerja memiliki perangkat lunak keamanan, seperti antivirus dan antimalware yang terkini.

  1. Verifikasi Keamanan Jaringan Rumah

Pastikan jaringan rumah memiliki sandi yang kuat, proteksi Wifi (WPA2 atau lebih tinggi), dan nonaktifkan fitur yang tidak digunakan seperti WPS.

  1. Perangkat Lunak Remote Access yang Aman

Jika menggunakan perangkat lunak remote access, pastikan itu dari sumber terpercaya dan selalu aktifkan otentikasi yang aman.

  1. Waspadai Phishing dan Serangan Malware

Jangan pernah membuka lampiran atau mengklik tautan dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal.

  1. Akses Hanya ke Perangkat yang Aman

Jangan gunakan perangkat milik orang lain atau perangkat umum untuk mengakses informasi pribadi atau data sensitif.

  1. Proteksi Data dan Backup

Selalu simpan data penting di tempat yang aman dan lakukan backup secara berkala untuk mencegah kehilangan data akibat serangan atau kegagalan perangkat.

 

R17: Solusi Keamanan Siber untuk Perusahaan Anda

Dalam era digital yang semakin maju ini, keamanan siber menjadi aspek yang krusial bagi semua perusahaan. Menghadapi serangan siber yang semakin kompleks dan berbahaya, menjaga keamanan perusahaan menjadi prioritas utama. R17 menawarkan solusi keamanan jaringan yang handal dengan infrastruktur yang kuat, sistem keamanan siber yang terpadu, dan aplikasi yang meningkatkan efisiensi pelayanan publik serta kinerja BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence.

Namun, menemukan solusi keamanan jaringan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat menjadi tugas yang menantang. Dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan cepat berubah, Anda membutuhkan solusi keamanan jaringan yang tidak hanya aman dan terpercaya, tetapi juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda. Inilah alasan mengapa R17 hadir untuk membantu Anda mengatasi tantangan keamanan siber. Jangan ragu untuk menghubungi R17 sekarang dan temukan solusi keamanan jaringan yang tepat untuk bisnis Anda!