Digital security adalah, jenis-jenis, contoh dan cara kerjanya

Share

Tuesday, 9 May 2023

Digital security mungkin sering terdengar di telinga kita, tapi apakah itu? Anda mungkin merasa nyaman dengan penggunaan internet, namun tahukah Anda bahwa setiap kali Anda mengakses website atau melakukan transaksi online, Anda meninggalkan jejak digital yang bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Nah digital security adalah praktik untuk melindungi perangkat digital Anda. Mari kita simak selengkapnya!

Apa itu digital security?

Sumber: IDS Digital College

Digital security adalah praktik untuk melindungi perangkat digital Anda, seperti komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain yang terkoneksi dengan internet, dari intrusi oleh orang yang tidak diinginkan, seperti hacker, phisher, dan lainnya. Selain itu, digital security juga berguna untuk melindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan oleh perusahaan.

Untuk melindungi diri Anda secara online, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti penggunaan VPN, password manager, dan identity monitoring services. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melindungi diri Anda, mari kita bahas dulu mengenai ancaman dari serangan siber.

Saat ini, internet memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, tetapi tahukah Anda bahwa di balik kecanggihan teknologi ini, terdapat berbagai ancaman yang bisa merugikan Anda. Ancaman tersebut bisa berupa serangan hacker yang mencuri data pribadi Anda, phisher yang mengirimkan email palsu untuk mencuri informasi sensitif Anda, dan masih banyak lagi.

Jika kita lihat saja, selama periode lima tahun antara 2017 dan 2021, Internet Crime Complaint Center (IC3) milik FBI mencatat total 2,76 juta keluhan serangan siber, dengan rata-rata sekitar 690.000 keluhan per tahunnya. Hal ini setara dengan FBI menerima satu laporan kejahatan siber setiap 45,7 detik.

5 Jenis-jenis digital security

Anda tentu tidak ingin data digital Anda diretas oleh hacker, bukan? Untungnya, ada berbagai jenis digital security yang dapat membantu melindungi data Anda. Berikut adalah beberapa jenis digital security yang bisa Anda manfaatkan menurut simplilearn:

1.Software Antivirus

Program antivirus dapat membantu mendeteksi dan membersihkan infeksi virus yang menyebar melalui malware dan sistem. Selain itu, antivirus juga bisa membantu mengisolasi ancaman yang mungkin terdeteksi di sistem Anda.

2.Firewall 

Firewall dapat memantau lalu lintas web, mengidentifikasi pengguna yang sah, memblokir akses yang tidak sah, dan bahkan dapat melindungi dari virus. Firewall sudah ada selama bertahun-tahun, dan banyak ahli keamanan siber menganggapnya sudah ketinggalan jaman. Namun, versi terbaru dari firewall tetap menjadi alat yang berguna untuk menghindari serangan siber.

3.Proksi

Proksi adalah alat keamanan digital yang menghubungkan pengguna dengan internet dan menggunakan aturan filter sesuai dengan kebijakan IT organisasi. Proksi memblokir situs web berbahaya dan menggunakan sistem otentikasi untuk mengontrol akses dan memantau penggunaan.

4.Software Pemantauan Jarak Jauh

Software pemantauan jarak jauh memungkinkan tim keamanan data untuk mengumpulkan informasi, mendiagnosis masalah, dan mengawasi semua aplikasi dan perangkat keras dari lokasi jarak jauh. Pemantauan jarak jauh memberikan fleksibilitas dan kenyamanan, memungkinkan administrator untuk memecahkan masalah kapan saja dan di mana saja.

5.Vulnerability Scanner

Alat ini mendeteksi, mengevaluasi, dan mengelola semua titik lemah dalam sistem organisasi Anda. Vulnerability scanner tidak hanya mengidentifikasi kelemahan tetapi juga memprioritaskan untuk membantu Anda mengorganisir tindakan pencegahan. Tim keamanan IT dapat menggunakan pemindai untuk aplikasi web dan sistem internal.

Cara kerja digital security

Sumber: Port Technology

Secara umum, digital security bekerja dengan cara mengamankan data atau informasi yang tersimpan di dalam perangkat digital Anda dari ancaman keamanan seperti hacking, malware, phishing, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, digital security juga melindungi Anda dari pencurian identitas dan pemantauan aktivitas online illegal.

Salah satu cara kerja digital security adalah dengan menggunakan enkripsi. Enkripsi mengacu pada proses mengubah data menjadi kode atau karakter yang sulit dipahami oleh pihak luar. Dalam kata lain, data diacak sehingga hanya dapat dibaca oleh pihak yang memiliki kunci enkripsi. Dengan menggunakan enkripsi, data Anda akan tetap aman bahkan jika perangkat Anda telah diretas.

Selain enkripsi, digital security juga memanfaatkan teknologi seperti firewall, antivirus, dan VPN untuk melindungi perangkat Anda dari serangan digital. Firewall berfungsi untuk memblokir akses dari jaringan yang tidak dikenal, sedangkan antivirus digunakan untuk mendeteksi dan membersihkan sistem dari malware. VPN sendiri dapat digunakan untuk menyembunyikan alamat IP Anda, sehingga aktivitas online Anda tidak dapat dilacak.

Namun, teknologi digital security bukanlah satu-satunya yang penting. Anda juga perlu memperhatikan praktik keamanan online yang baik seperti menghindari mengklik tautan dari sumber yang tidak dikenal, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun.

Dalam dunia digital yang terus berkembang, penting untuk selalu mempertahankan keamanan perangkat dan data Anda. Dengan memahami cara kerja digital security dan mengimplementasikan praktik keamanan yang baik, Anda dapat melindungi diri Anda dari ancaman digital yang ada.

Solusi R17 untuk bantu jaga data perusahaan Anda 

Sudahkah Anda memikirkan tentang keamanan siber di bisnis Anda? Kami di R17 mengerti betapa pentingnya perlindungan terhadap data dan sistem Anda dari ancaman siber yang terus berkembang.

Rizky Tujuhbelas Kelola (R17) siap membantu Anda dalam menerapkan sistem keamanan siber berlapis yang handal dan cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. Kami menawarkan solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence yang dirancang khusus untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang di era digital.

Tidak peduli apakah bisnis Anda kecil atau besar, kami memiliki solusi yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan sumber daya IT Anda. Jadi, bersama R17, Anda dapat berfokus pada pengembangan bisnis Anda tanpa harus khawatir tentang keamanan siber.

Mari bergabung dengan R17 dan rasakan manfaat keamanan siber yang handal dan terpercaya. Hubungi kami sekarang dan jadilah bagian dari bisnis yang aman dan sukses di dunia digital