Ini Alasan Pentingnya Endpoint Security untuk Bisnis Anda

Share

Tuesday, 7 March 2023

Endpoint Security menjadi semakin penting di era digital ini. Endpoint security merujuk pada keamanan pada akhir jaringan, yang terdiri dari perangkat yang terhubung ke jaringan seperti laptop, ponsel pintar, dan tablet. Karena perangkat ini sering digunakan untuk mengakses data dan aplikasi penting, endpoint security menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam sebuah bisnis.

Pada artikel ini, kita akan membahas alasan pentingnya endpoint security untuk bisnis Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis ancaman keamanan endpoint dan bagaimana endpoint security dapat membantu melindungi bisnis Anda dari ancaman tersebut.

Apa itu Endpoint Security?

Sumber:Varonis

Pada dasarnya, menurut Trellix.com, endpoint security adalah serangkaian teknologi dan praktik keamanan yang digunakan untuk melindungi perangkat akhir seperti laptop, smartphone, tablet, dan komputer desktop dari ancaman keamanan.

Tentu saja, ketika kita berbicara tentang keamanan endpoint, ada banyak ancaman yang harus dihadapi. Dari malware dan virus hingga serangan phishing dan ransomware, para penjahat siber terus mencari cara untuk menembus pertahanan keamanan perangkat Anda. Dan tanpa perlindungan yang tepat, data perusahaan Anda bisa menjadi korban selanjutnya.

Tetapi apa sebenarnya yang membedakan endpoint security dari jenis keamanan lainnya? Jawabannya terletak pada fokus pada perangkat akhir itu sendiri. Daripada mencoba melindungi seluruh jaringan, endpoint security memusatkan perhatian pada perangkat individu yang terhubung ke jaringan tersebut. Dengan cara ini, setiap perangkat dapat dianggap sebagai titik masuk potensial bagi serangan, dan harus dilindungi dengan baik.

Untuk mencapai tujuan ini, para ahli keamanan endpoint menggunakan berbagai teknologi dan teknik. Beberapa contohnya termasuk:

  • Antivirus dan firewall: Teknologi ini sudah dikenal luas, dan terus dikembangkan untuk mengatasi ancaman keamanan yang semakin kompleks.
  • Sandboxing: Teknik ini melibatkan menjalankan aplikasi dan program dalam lingkungan yang terisolasi, sehingga jika terjadi masalah, kerusakan dapat dibatasi dan diperbaiki dengan cepat.
  • Machine learning: Teknologi ini memungkinkan sistem keamanan untuk belajar dan beradaptasi dengan ancaman yang terus berubah, sehingga dapat dengan cepat mengenali dan melindungi perangkat dari serangan yang baru.

Tentu saja, ada banyak lagi teknologi dan teknik yang digunakan dalam keamanan endpoint, tetapi hal terpenting adalah memastikan bahwa perangkat Anda dilindungi dengan tepat. Dengan penggunaan yang tepat dari teknologi keamanan dan praktek terbaik, Anda dapat membantu melindungi perangkat Anda dari serangan siber dan menjaga data perusahaan Anda tetap aman.

Mengapa Endpoint Security Penting untuk Perusahaan Anda?

Sebuah platform perlindungan endpoint merupakan hal yang sangat penting dalam keamanan siber dari perusahaan. Hal Ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah data yang menjadi aset paling berharga bagi perusahaan. Kehilangan data atau akses ke data tersebut dapat mengancam kelangsungan hidup bisnis.

Menurut menurut Trellix.com, perkembangan teknologi telah membuat perusahaan harus menghadapi masalah keamanan endpoint yang semakin rumit. Selain jumlah endpoint yang semakin bertambah, terdapat juga berbagai jenis endpoint yang harus dilindungi. Selain itu, kebijakan kerja jarak jauh dan BYOD (Bawa Sendiri Perangkat) menciptakan kerentanan pada keamanan perimeter dan membuat perusahaan semakin rentan terhadap serangan siber.

Selain itu, hacker juga selalu mencari cara baru untuk mendapatkan akses, mencuri informasi atau memanipulasi karyawan untuk memberikan informasi sensitif. Dalam mengatasi ancaman tersebut, perusahaan harus menyediakan sumber daya yang cukup untuk mengatasinya, sehingga dapat mengurangi produktivitas.

Kehadiran platform perlindungan endpoint dapat mengatasi masalah keamanan siber pada perusahaan Anda. Dengan platform tersebut, perusahaan dapat memastikan bahwa data mereka terlindungi dengan baik dan aman dari serangan siber. 

Apalagi dalam dunia bisnis saat ini, keamanan siber merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian utama bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu, investasi pada platform perlindungan endpoint dapat dianggap sebagai keharusan bagi perusahaan modern yang ingin memastikan kelangsungan bisnis mereka.

6 Fungsi Endpoint Security dalam Menjaga jaringan

Sumber: Varonis

Endpoint security memainkan peran krusial dalam menjaga keamanan jaringan perusahaan Anda. Berikut adalah 7 fungsi penting endpoint security dalam menjaga jaringan perusahaan Anda:

1. Proteksi perangkat akhir: 

Endpoint security membantu melindungi setiap perangkat akhir yang terhubung ke jaringan perusahaan Anda dari ancaman keamanan, seperti malware, virus, dan serangan phishing.

2. Mencegah penyebaran serangan: 

Dengan mengamankan setiap perangkat akhir dalam jaringan, endpoint security dapat membantu mencegah penyebaran serangan ke perangkat lain, mengurangi risiko kerentanan, dan mempercepat respons terhadap serangan.

3. Mendeteksi serangan: 

Endpoint security dapat membantu mendeteksi serangan sebelum mereka menginfeksi perangkat, dengan menggunakan teknologi seperti machine learning dan analisis perilaku.

4. Membatasi kerusakan: 

Jika serangan berhasil memasuki perangkat, endpoint security dapat membantu membatasi kerusakan yang diakibatkan, dengan mengisolasi perangkat atau aplikasi yang terinfeksi.

5. Manajemen perangkat: 

Endpoint security membantu dalam manajemen perangkat, dengan memberikan akses jarak jauh untuk memantau dan mengelola perangkat, dan memastikan perangkat selalu diperbarui dengan patch keamanan terbaru.

6. Pemantauan aktivitas: 

Endpoint security membantu memantau aktivitas di setiap perangkat akhir, seperti instalasi aplikasi dan perubahan sistem, untuk memastikan keamanan jaringan tetap terjaga.

Cara Kerja Endpoint Security

Endpoint security adalah teknologi keamanan yang dirancang untuk melindungi perangkat akhir dari ancaman keamanan seperti malware, virus, ransomware, dan serangan phishing. Namun, sebenarnya bagaimana cara kerja endpoint security?

Pertama-tama, endpoint security akan memonitor aktivitas perangkat akhir, seperti aplikasi yang diinstal dan data yang dikirim dan diterima. Dengan memantau aktivitas ini, endpoint security dapat mengidentifikasi tanda-tanda serangan siber dan memberikan peringatan kepada pengguna jika ada tindakan mencurigakan yang terdeteksi.

Selanjutnya, endpoint security akan menggunakan teknologi seperti antivirus, firewall, dan machine learning untuk melindungi perangkat akhir dari ancaman keamanan. Antivirus akan melakukan pemindaian terhadap file yang masuk dan keluar dari perangkat untuk mendeteksi dan menghapus virus dan malware. Firewall akan memblokir akses ke jaringan yang tidak sah atau berbahaya. Sedangkan machine learning akan mempelajari pola-pola perilaku yang mencurigakan dan memberikan peringatan kepada pengguna jika ada tindakan yang tidak biasa.

Endpoint security juga dapat membantu bisnis Anda dalam mengelola perangkat akhir. Dengan manajemen perangkat jarak jauh, administrator IT dapat memantau dan mengelola perangkat dari jarak jauh, termasuk memperbarui perangkat dengan patch keamanan terbaru dan memblokir akses ke perangkat yang hilang atau dicuri.

R17: Solusi Keamanan Siber Terbaik untuk Perusahaan Anda

Anda ingin mencapai transformasi digital yang aman dan terpercaya? Jangan khawatir, Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) punya solusinya! Sebagai perusahaan integrator sistem besar, R17 telah membantu pemerintah, perusahaan, dan BUMN dalam mencapai transformasi digital dengan menyediakan infrastruktur handal, sistem keamanan siber yang terlapis, dan sistem aplikasi untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan, dan kinerja BUMN.

R17 tidak hanya menyediakan solusi keamanan siber yang tangguh, tetapi juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda. Baik Anda memiliki bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, R17 memiliki solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence yang dapat membantu Anda mencapai transformasi digital dengan aman dan efektif.

Dengan R17, Anda dapat merasa tenang dan yakin bahwa jaringan Anda terlindungi dari ancaman keamanan siber, dan transformasi digital Anda berjalan lancar tanpa hambatan. 

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi selengkapnya tentang solusi keamanan siber R17. Klik link ini untuk memulai perjalanan keamanan siber Anda.