Inilah Manfaat Data Center Untuk Keberlangsungan Bisnis Pada Perusahaan Anda

Share

Thursday, 21 July 2022

Data Center saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi perusahaan, terutama untuk bisnis pada industri Teknologi Informasi. Menurut Global News Wire, Kawasan ASEAN akan menjadi sasaran operator pusat data global yang bermitra dengan operator lokal untuk berinvestasi. Pasar data center di Indonesia memiliki nilai USD 1785,2 Juta pada tahun 2020 dan akan terus meningkat sampai USD 3.354,41 Juta pada 2026, dengan CAGR (Tingkat pertumbuhan pertahun selama rentang periode waktu tertentu) Pertumbuhan akan terjadi sebesar 11,4% selama periode tahun 2021-2026.

Data Center diperlukan untuk keberlangsungan bisnis, menurut Federal Emergency Management Agency (FEMA), sebanyak 25% bisnis tidak dapat pulih kembali setelah adanya bencana, karena tidak menggunakan Data Center untuk menjamin keamanan data dan informasi perusahaan. Keamanan data berlapis menjadi hal penting untuk melindungi data perusahaan dalam keadaan apapun, termasuk saat terjadinya bencana. 

Inilah beberapa manfaat Data Center untuk bisnis pada perusahaan Anda, sebagai berikut:

  1. Dapat menjamin keberlangsungan operasional perusahaan, karena mampu mencapai kondisi zero failure pada setiap komponennya. Jika data terkena virus ataupun malware maka data tidak akan hilang dan rusak. Data center juga menawarkan kapasitas besar untuk penyimpanan file perusahaan.
  2. Berperan sebagai sistem keamanan data perusahaan, apabila terjadi cuaca buruk hingga bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya, data tidak akan hilang ataupun rusak, karena semua sudah tersimpan dengan aman. Perusahaan akan tetap bisa melanjutkan kegiatan operasional, tanpa menunggu waktu pemulihan pasca bencana.
  3. Efisiensi biaya, karena mampu mengurangi pengeluaran investasi perangkat yang harus disiapkan.

Oleh karena itu transformasi bisnis pada perusahaan menuju proses digitalisasi akan membawa perubahan paradigma dalam dunia bisnis kedepannya. Pentingnya Data Center menjadi sebuah pertimbangan bagi setiap perusahaan, karena dapat menjamin tingkat keamanan yang tinggi, baik secara fisik maupun secara teknis.