INTERNET DEDICATED VS INTERNET BROADBAND? INI PILIHAN YANG TEPAT UNTUK PERUSAHAAN ANDA

Share

Friday, 4 November 2022

Internet dedicated vs internet broadband mana yang bagus? Tentunya pemilihan jenis layanan internet dipengaruhi oleh kebutuhan Anda. Jika Anda ingin layanan internet untuk kebutuhan perusahaan pilihlah internet dedicated. Sedangkan jika menggunakan internet untuk keperluan rumahan, kos dan bisnis kecil dapat menggunakan internet broadband.

Lalu apa perbedaan internet dedicated dan internet broadband? Dalam artikel ini akan dibahas secara jelas mengenai perbedaan antara kedua jenis jaringan internet ini. Kemudian alasan mengapa Anda harus memilih internet dedicated demi kelancaran operasional bisnis Anda. Sebelum itu mari kita simak apa itu internet dedicated?

Apa Itu Internet Dedicated?

Internet dedicated merupakan koneksi internet yang banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Contoh dari penggunaan internet dedicated yaitu seperti di perkantoran maupun di co-working space. Jadi jika Anda ingin membuat infrastruktur internet di bisnis maupun perusahaan, internet dedicated menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu keunikannya dari internet dedicate yaitu memiliki bandwidth yang dapat digunakan secara penuh untuk pengguna. Dampaknya yaitu koneksi dan performa dari akses internet dapat digunakan oleh pengguna secara penuh. Jika biasanya internet dapat melambat akibat penggunaan internet yang berat, pada internet dedicated tidak akan melambat atau kehilangan performanya.

Jadi internet dedicated ini sangat cocok digunakan di dalam bisnis dan perusahaan Anda. Lalu apa bedanya dengan internet broadband yang sering Anda kenal dan gunakan? Sebelumnya mari kita simak apa itu internet broadband!

Apa Itu Internet Broadband?

Internet broadband merupakan koneksi internet yang banyak digunakan di rumah, kamar kos, maupun usaha kecil. Pada jenis internet ini, kecepatan dan performanya terbagi ke setiap penggunaan. Jadi jika semakin banyak pengguna maka kecepatan dan performa internet akan semakin melambat. Oleh karena itu, dalam internet broadband perlu dibatasi jumlah penggunanya agar tidak terlalu banyak.

Pada internet broadband juga jika penggunaan internetnya ringan dengan jumlah pengguna yang sedikit atau penggunaan internet hanya sebatas google maka kecepatan performanya dapat lebih cepat. Namun, jika melakukan aktivitas download dan aktivitas lain yang berat maka kecepatan internetnya akan melambat. Jadi penggunaan internet ini tidak direkomendasikan untuk bisnis dan perusahaan besar. Hal ini dikarenakan, dapat memperlambat kinerja dari perusahaan.

4 Perbedaan Internet Broadband dan Dedicated

Sebelumnya kami telah menjelaskan pengertian internet dedicated dan internet broadband. Dari hal tersebut, Anda pastinya telah mendapat gambaran mengenai perbedaan keduanya. Namun, disini kami akan menjelaskan lebih rinci perbedaan internet broadband dan dedicated.

  1. Kecepatan Internet
    Internet dedicated memiliki bandwidth yang didedikasikan penuh untuk pengguna sehingga kecepatan download dan upload akan konsisten. Hal ini akan membantu setiap proses penggunaanya berjalan secara lancar sehingga tidak mengganggu operasi bisnis.
    Jika dalam internet broadband mengunggah file dengan memori yang besar dapat menurunkan performa dari internet, sedangkan pada internet dedicated menawarkan kecepatan tinggi dengan latency yang rendah. Hal ini dikarenakan bandwidth internet dedicated dapat digunakan secara penuh, tidak seperti internet broadband yang terbagi-bagi.
  2. Harga Layanan
    Menggunakan internet dedicated memang memberikan koneksi yang lebih konsisten dibandingkan dengan internet broadband. Namun, hal ini tentunya berdampak terhadap harga dari layanan internet tersebut. Jika Anda menggunakan layanan internet broadband tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan internet dedicated
    Akan tetapi, untuk perusahaan besar yang sistem operasionalnya menggunakan internet maka disarankan menggunakan internet dedicated. Sedangkan jika untuk kos dan rumahan maka internet broadband adalah pilihan yang tepat.
  3. Jaminan Layanan
    Internet dedicated memiliki jaminan dalam bentuk service level agreement (SLA). Artinya jika koneksi internet dedicated yang digunakan tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan maka Anda dapat mengajukan perbaikan. sistem SLA juga akan memberikan kompensasi jika tidak sesuai dengan kenyataan yang didapatkan.
  4. Layanan Penyelesaian Masalah
    Pada internet dedicated layanan penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan cepat. Layanan yang dimaksud yaitu respon waktu ketika ada permasalahan dalam koneksi atau biasa disebut mean time to repair (MTTR). Jika pada internet dedicated penyelesaian masalah atau MTTR hanya selama 4 jam atau kurang. Sedangkan pada internet broadband tidak ada jaminan waktunya. Tentunya, hal ini akan membantu perusahaan Anda karena jika ada masalah jaringan akan mempengaruhi operasional bisnis.

2 Alasan Kenapa Memilih Internet Dedicated untuk Perusahaan Anda

Berikut ini beberapa alasan mengapa harus menggunakan internet dedicated untuk kelancaran perusahaan Anda. Yuk simak!

  1. Koneksi Lancar Digunakan Banyak Pengguna
    Semakin besar perusahaan maka harus didukung oleh koneksi internet untuk operasional bisnis setiap harinya. Jika Anda menggunakan internet broadband maka koneksinya akan tidak konsisten karena harus dibagi untuk pemakaian dengan banyak pengguna. Jadi jika ingin koneksi tetap lancar dengan jumlah pengguna yang banyak maka perlu menggunakan internet dedicated. Hal ini dikarenakan rasio koneksi internet dedicated yaitu 1:1 sehingga Anda tidak perlu khawatir jaringan lambat jika banyak pengguna.
  2. Dapat Beroperasi dengan Aman
    Salah satu keunggulan dari internet dedicated yaitu internet dari perusahaan Anda dapat beroperasi selama 24 jam penuh tanpa adanya gangguan. Tentunya hal ini akan mengurangi terjadinya risiko jika adanya gangguan dalam jaringan internet perusahaan. Dengan demikian operasi kegiatan perusahaan dapat lebih aman.

Infrastruktur Digital Aman dan Cepat dengan R17

Membangun sistem koneksi internet yang konsisten tentunya berdampak besar bagi operasional perusahaan. Apalagi saat ini sudah jamannya era transformasi digital sehingga penggunaan internet menjadi kebutuhan yang utama. Namun, tak hanya kecepatan dan koneksi internet yang penting, tapi juga keamanannya. Keamanan jaringan dalam perusahaan harus dijaga dengan tepat agar tidak menimbulkan kerugian. Jadi bangunlah infrastruktur digital perusahaan yang aman dan cepat di R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan fokus pada sistem integrasi dan penyedia infrastruktur jaringan melalui berbagai solusi, diantaranya adalah Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration serta Security & Intelligence. Dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya, kami memanfaatkan teknologi berupa solusi-solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga!