Kenali Next Generation Firewall: Solusi Firewall untuk Keamanan Siber Anda

Share

Tuesday, 4 April 2023

Pernahkah Anda merasa khawatir dengan keamanan jaringan perusahaan Anda? Sudahkah Anda menggunakan firewall yang tepat untuk melindungi bisnis Anda dari serangan cyber? Jika belum, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memikirkan tentang next generation firewall

Apa yang dimaksud dengan Next generation firewall

Sumber: Enterprise Networking Planet

Secara sederhana, next generation firewall adalah teknologi firewall yang lebih canggih daripada firewall tradisional. Next generation firewall mampu mendeteksi dan mencegah serangan cyber yang lebih kompleks dan terus berkembang.

Firewall tradisional hanya dapat menghalangi akses ke jaringan berdasarkan alamat IP atau port tertentu. Namun, next generation firewall memiliki kemampuan untuk memeriksa lalu lintas jaringan secara lebih terperinci, termasuk aplikasi, protokol, dan perilaku pengguna. Dengan cara ini, next generation firewall dapat memblokir serangan cyber yang lebih cerdas dan lebih sulit dideteksi.

Namun, tidak semua next generation firewall diciptakan sama. Ada banyak vendor dan produk yang berbeda di pasar, masing-masing menawarkan fitur dan keuntungan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memilih next generation firewall yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Salah satu keuntungan utama dari next generation firewall adalah kemampuannya untuk melindungi bisnis Anda dari serangan cyber yang muncul di dalam jaringan, seperti serangan malware dan ransomware. Next generation firewall juga dapat membantu melindungi jaringan Anda dari serangan DDoS dan serangan berbasis web.

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, keamanan jaringan perusahaan menjadi semakin penting. Dengan memilih next generation firewall yang tepat, Anda dapat melindungi bisnis Anda dari serangan cyber yang merusak dan memastikan bahwa data Anda aman. Jangan ragu untuk memilih next generation firewall sebagai bagian dari strategi keamanan jaringan Anda.

7 Fungsi Next generation firewall

Sumber: Aruba Network

Berikut adalah 7 fungsi yang membuat next generation firewall lebih canggih dan efektif dalam melindungi jaringan Anda:

1. Proteksi terhadap serangan berbasis aplikasi

Next generation firewall dapat mendeteksi dan mencegah serangan cyber yang berbasis aplikasi, seperti SQL injection dan cross-site scripting. Dengan kemampuan ini, next generation firewall dapat melindungi aplikasi dan data penting Anda dari serangan yang berbahaya.

2. Pengawasan terhadap lalu lintas jaringan

Next generation firewall dapat memonitor dan menganalisis lalu lintas jaringan dengan lebih detail, termasuk informasi tentang pengguna, aplikasi, dan protokol. Next generation firewall dapat mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan dan mencegah serangan sebelum terjadi.

3. Pemantauan penggunaan aplikasi

Next generation firewall dapat membantu Anda memahami bagaimana aplikasi digunakan di jaringan Anda. Anda dapat mengidentifikasi aplikasi yang berpotensi berbahaya atau tidak diperlukan, serta mengoptimalkan kinerja jaringan Anda.

4. Keamanan perangkat mobile

Next generation firewall dapat melindungi perangkat mobile yang terhubung ke jaringan Anda dari serangan cyber, termasuk serangan malware dan phishing. 

5. Penanganan serangan berbasis web

Next generation firewall dapat mencegah serangan berbasis web, seperti serangan XSS dan CSRF. Dengan cara ini, next generation firewall dapat melindungi aplikasi web dan data penting dari serangan yang merusak.

6. Penanganan serangan DDoS

Next generation firewall dapat mencegah serangan DDoS dengan menganalisis dan memblokir lalu lintas yang mencurigakan. Next generation firewall akan memastikan ketersediaan jaringan Anda dan mengurangi dampak serangan DDoS.

7. Proteksi terhadap kebocoran data

Next generation firewall bisa mencegah kebocoran data dengan memantau dan mengontrol akses ke data penting. Kemampuan ini dapat membuat next generation firewall bisa melindungi data sensitif Anda dari akses yang ilegal.

5 Kelebihan Next Generation Firewall dibandingkan Firewall Tradisional

Saat ini, ancaman keamanan jaringan semakin canggih dan kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan teknologi firewall yang lebih pintar dan canggih untuk melindungi jaringan dari serangan cyber. Menurut Intellect, inilah kelebihan dari next generation firewall (NGFW).

1. Perlindungan Keamanan Lebih Canggih

Pertama-tama, NGFW memberikan perlindungan keamanan yang lebih canggih dengan menggunakan multi-layered protection. Firewall tradisional hanya dapat memblokir akses melalui port (proteksi satu lapis), sedangkan NGFW dapat memeriksa lalu lintas dari layer 2 hingga layer 7. Hal ini memungkinkan NGFW untuk mengecek lebih dalam lagi dari mana dan kemana data sedang ditransfer. Jika data yang ditransfer sesuai dengan kebijakan firewall yang telah ditentukan, maka akan dilanjutkan, jika tidak maka akan diblokir.

2. Kemampuan Mempelajari Pattern Ancaman Baru

Selain itu, NGFW juga memiliki kemampuan unik untuk mempelajari pola dari setiap ancaman baru yang dihadapi, disebut sebagai threat intelligence. Fitur ini memungkinkan firewall untuk lebih siap menghadapi ancaman yang serupa di masa depan. Selain itu, NGFW juga dilengkapi dengan paket lengkap ransomware, perlindungan spam, dan perangkat lunak antivirus, yang membantu Anda meningkatkan keamanan jaringan.

3. Efisiensi Biaya

Keuntungan lain dari NGFW adalah lebih hemat biaya. Dengan semua fitur yang ada di dalamnya, Anda tidak perlu membeli alat terpisah untuk tujuan yang sama. Selain itu, karena NGFW secara aktif memantau semua data yang dikirim melalui jaringan dan mencegah data yang tidak perlu atau tidak disetujui untuk ditransfer, maka jaringan juga lebih hemat bandwidth. Dalam perhitungan, biaya meningkatkan firewall tradisional menjadi NGFW lebih murah daripada meningkatkan tiga platform berbeda serta meningkatkan bandwidth jaringan Anda.

4. Kecepatan Jaringan Meningkat

NGFW juga meningkatkan kecepatan jaringan. Pada firewall tradisional, Anda perlu memiliki perangkat keamanan terpisah untuk setiap ancaman baru. Semakin banyak perangkat dan tindakan keamanan yang Anda pasang untuk firewall tradisional, maka kecepatan jaringan akan semakin menurun. Dengan mengeliminasi kebutuhan untuk beberapa perangkat keamanan dan proses, Anda membebaskan bandwidth yang diperlukan untuk memberikan kecepatan jaringan yang dijanjikan.

5. Kemampuan Mengatasi Malware Baru

Terakhir, NGFW bukan lagi menjadi pilihan, melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi. Ancaman malware modern, dan jumlah aplikasi dan situs web yang kita kunjungi setiap hari, jauh di luar kendali firewall tradisional. Penggunaan VPN, beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan (ponsel, laptop, dan tablet karyawan), dan bekerja dari jarak jauh, semuanya menjadikan NGFW sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, memilih NGFW sebagai solusi keamanan jaringan adalah keputusan yang cerdas dan penting untuk dilakukan

Kelemahan Next Generation Firewall

Sumber: Advantech

Kita sering mendengar tentang kehebatan Next Generation Firewall (NGFW) dalam melindungi jaringan kita dari ancaman siber. Namun, tidak ada teknologi yang sempurna dan NGFW juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu kita perhatikan. Berikut ulasannya menurut intellect.

1. Banyak Kebijakan yang Perlu Diatur

Salah satu kelemahan utama NGFW adalah terlalu banyak kebijakan yang harus diatur. Dalam situasi kerja jarak jauh seperti saat ini, pengguna perlu mengakses VPN atau server dari jaringan internet rumah mereka. 

Namun, seringkali NGFW tidak mengenali jaringan internet rumah tersebut sebagai jaringan yang aman. Sehingga administrator harus secara manual menambahkan setiap alamat IP ke dalam daftar pengguna yang aman atau melakukan perubahan kebijakan untuk mengakomodasi kondisi akses, kewajiban perlindungan data, dan jumlah pengguna dan aplikasi yang mengakses jaringan. Hal ini dapat menimbulkan keterlambatan dalam proses pengaturan akses, audit, dan perawatan.

2. Biaya Investasi Awal yang Mahal

Selain itu, biaya instalasi NGFW bisa sangat mahal. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak organisasi enggan meng-upgrade firewall tradisional mereka. Namun, biaya ini biasanya dapat terbayar dengan keuntungan jangka panjang yang ditawarkan oleh NGFW.

R17: Solusi Keamanan Siber untuk Perusahaan Anda

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) tidak hanya menghadirkan solusi keamanan siber, tetapi juga membantu mewujudkan transformasi digital bagi pemerintah, perusahaan, dan BUMN. Kami memberikan sistem keamanan siber berlapis dan aplikasi yang handal untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan, dan karya BUMN.

Kami mengerti bahwa kebutuhan setiap organisasi berbeda, itulah mengapa kami menawarkan solusi fleksibel yang cocok untuk kebutuhan Anda. Apapun ukuran bisnis Anda, baik bisnis kecil dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, kami siap membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Jangan biarkan bahaya siber merusak bisnis Anda. Hubungi R17 sekarang untuk mendapatkan solusi keamanan siber yang handal dan terbaik untuk bisnis Anda..