Mengenal Security Operation Center (SOC) dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

Share

Tuesday, 23 May 2023

Apa itu SOC?

Sumber: Security intelegence

SOC adalah pusat operasi keamanan siber dalam sebuah organisasi yang melakukan pemantauan dan pengendalian atas berbagai risiko keamanan siber. Anda mungkin berpikir, "Saya sudah memiliki firewall dan antivirus!" Sayangnya, itu belum cukup. Karena ancaman keamanan siber saat ini jauh lebih kompleks dan mungkin merugikan bisnis Anda. SOC membantu Anda dalam melindungi bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi canggih dan tenaga ahli keamanan siber untuk memantau, menganalisis dan mengendalikan semua ancaman yang mungkin terjadi.

SOC juga memiliki kemampuan untuk memberikan respon cepat dan akurat ketika terjadi serangan keamanan siber. Hal Ini karena SOC dapat memantau dan memeriksa segala kejadian di seluruh jaringan yang terhubung pada bisnis Anda. Dengan begitu SOC dapat mengidentifikasi dan memantau setiap perangkat yang terhubung, mengumpulkan data, dan melakukan analisis terhadap data tersebut untuk menentukan tindakan yang tepat dan mengurangi risiko terjadinya serangan.

Tidak hanya itu, SOC juga dapat membantu bisnis Anda memenuhi persyaratan kepatuhan regulasi keamanan siber tingkat internasional. Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa bisnis Anda terhindar dari pelanggaran hukum dan telah mengikuti persyaratan keamanan siber dunia.

5 Fungsi SOC untuk Perusahaan

SOC, atau Security Operations Center, memiliki 5 fungsi kunci yang sangat penting untuk melindungi bisnis Anda dari berbagai ancaman keamanan siber. Apa saja fungsi SOC ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Monitoring dan deteksi keamanan siber

SOC bertanggung jawab untuk memantau seluruh sistem dan jaringan yang terhubung ke bisnis Anda. Dengan memantau secara aktif, SOC dapat mendeteksi segala macam kegiatan yang mencurigakan dan memberi tahu Anda tentang kemungkinan serangan keamanan siber yang mungkin terjadi.

2. Investigasi dan analisis keamanan siber

SOC melakukan investigasi dan analisis mendalam terhadap segala aktivitas mencurigakan yang terdeteksi. Dengan melakukan analisis ini, SOC dapat mengidentifikasi jenis serangan dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memerangi serangan tersebut.

3. Tanggapan keamanan siber

SOC berperan penting dalam memberikan tanggapan cepat dan efektif terhadap serangan keamanan siber yang terdeteksi. SOC akan merancang dan mengimplementasikan solusi untuk memblokir serangan tersebut secepat mungkin.

4. Pemantauan ancaman dan intelijen keamanan siber

SOC memantau ancaman keamanan siber terbaru dan terkini untuk mengidentifikasi ancaman yang potensial terhadap bisnis Anda. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang ancaman terbaru, SOC dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah serangan keamanan siber.

5. Pencegahan dan remediasi keamanan siber

SOC bekerja untuk mencegah serangan keamanan siber sebelum terjadi. SOC akan melakukan pemantauan proaktif untuk mengidentifikasi celah keamanan dan memberikan rekomendasi tentang cara mengatasi celah tersebut.

Bedanya SOC dan NOC

Saat ini masih banyak orang yang sulit membedakan antara SOC dan NOC. Berikut ini adalah perbedaan antara SOC (Security Operations Center) dan NOC (Network Operations Center):

Fungsi

SOC

NOC

Tujuan Utama

Keamanan Sistem dan Jaringan

Pengoperasian Sistem dan Jaringan

Fokus

Keamanan

Ketersediaan dan Kinerja

Fokus Utama

Serangan Keamanan dan Ancaman

Masalah Operasional dan Ketersediaan

Kegiatan Utama

Mendeteksi, Menangani, dan Mencegah Serangan

Memonitor Ketersediaan Jaringan dan Sistem Operasional

Tujuan Hasil

Keamanan Sistem dan Jaringan yang Ditingkatkan

Operasional Jaringan yang Lebih Baik

Contoh Alat

SIEM (Security Information and Event Management)

NMS (Network Management System)

Cara kerja SOC 

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa SOC (Security Operations Center) berperan penting dalam melindungi keamanan sistem dan jaringan bisnis Anda. Tapi, bagaimana sebenarnya cara kerja SOC? Berikut adalah lima cara kerja SOC yang harus Anda ketahui:

1. Monitoring Keamanan

SOC akan secara aktif memonitor sistem dan jaringan Anda untuk mendeteksi potensi ancaman keamanan. Hal ini dilakukan melalui penggunaan alat dan teknologi seperti SIEM (Security Information and Event Management), IDS (Intrusion Detection System), IPS (Intrusion Prevention System), dan lainnya.

2. Investigasi Keamanan

Jika SOC mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan di sistem dan jaringan Anda, maka mereka akan memulai investigasi lebih lanjut. Tim SOC akan menganalisis data dan informasi terkait untuk menentukan apakah ada ancaman keamanan yang benar-benar ada dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

3. Menghilangkan Ancaman

Setelah SOC berhasil mengidentifikasi adanya ancaman keamanan, langkah selanjutnya adalah untuk menghilangkannya secepat mungkin. Tim SOC akan menggunakan alat dan teknologi seperti firewall, anti-virus, dan anti-malware untuk memblokir atau menghapus ancaman tersebut dari sistem dan jaringan Anda.

4. Meninjau Kembali Keamanan

SOC juga akan mengevaluasi sistem dan jaringan Anda untuk menentukan apakah ada celah keamanan yang perlu diperbaiki atau diupgrade. Dari hasil peninjauan ini, SOC dapat membuat rekomendasi tentang bagaimana meningkatkan keamanan sistem dan jaringan Anda.

5. Melakukan Pemulihan

Jika terjadi insiden keamanan yang signifikan, SOC akan membantu Anda dalam melakukan pemulihan dan memastikan bahwa sistem dan jaringan Anda kembali beroperasi secara normal. SOC juga akan membuat laporan yang berisi detail tentang insiden tersebut dan memberikan saran tentang bagaimana mencegah insiden serupa di masa depan.

Contoh Kasus Penggunaan SOC

Sumber: CSO Online

ABC Corporation adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang e-commerce dengan basis pelanggan yang sangat luas. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, ABC Corporation mulai khawatir dengan keamanan data pelanggan mereka. Mereka ingin memastikan bahwa data pelanggan mereka terlindungi dengan baik dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menyelesaikan masalah ini, ABC Corporation memutuskan untuk menerapkan SOC. Mereka memilih untuk membangun sebuah SOC internal yang dapat mengawasi dan melindungi data mereka. Setelah beberapa bulan membangun dan mengimplementasikan SOC mereka, mereka mulai melihat hasil yang signifikan.

Salah satu contoh keberhasilan yang dihadirkan oleh SOC adalah ketika mereka mendeteksi serangan ransomware yang mematikan sistem mereka. Tim SOC dengan cepat menanggapi serangan dan menonaktifkan malware sebelum itu menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Karena SOC mereka secara teratur membackup data dan membuat rencana pemulihan bencana yang efektif, mereka dapat dengan mudah mengembalikan sistem mereka ke kondisi semula dengan kehilangan data yang sangat sedikit.

Dengan menerapkan SOC, ABC Corporation tidak hanya dapat melindungi data pelanggan mereka, tetapi juga memastikan keberlanjutan bisnis mereka. Karena mereka dapat mendeteksi dan merespons serangan dengan cepat, mereka dapat meminimalkan dampak buruk pada bisnis mereka. Ini adalah contoh nyata bagaimana penerapan SOC dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan pelanggan mereka

Tak perlu Khawatir Lagi: Lindungi Data Anda Bersama R17

SOC menjadi keharusan bagi perusahaan yang ingin melindungi sistem jaringannya dengan aman. Apalagi, saat ini pelaku kejahatan digital makin cerdik dan caranya juga semakin kompleks. Untuk itu, jangan hanya mengandalkan keamanan melalui firewall dan antivirus Anda saja. Mulai lah dengan menggunakan sistem SOC  untuk perlindungan yang lebih ekstra.

Sebagai integrator sistem terkemuka, R17 membantu berbagai pemerintahan, perusahaan, dan BUMN untuk menghadapi tantangan transformasi digital. Infrastruktur yang andal, sistem keamanan siber berlapis, dan aplikasi yang membantu meningkatkan pelayanan publik, kepuasan pelanggan, serta produktivitas BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence.

Dengan solusi yang fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, R17 dapat membantu Anda menemukan solusi terbaik, baik Anda memiliki bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas, atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks. Hubungi R17 sekarang dan dapatkan solusi keamanan jaringan terbaik untuk bisnis Anda!