Mengenal Threat Intelligence dan Cara Menggunakannya untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Anda

Share

Thursday, 11 May 2023

Threat intelligence itu apa? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan keamanan siber dan pentingnya melindungi data Anda dari ancaman hacker. Tapi tahukah Anda bahwa selain melakukan tindakan preventif seperti memasang instalasi antivirus dan firewall, ada juga cara lain untuk meningkatkan keamanan siber dalam bisnis Anda? Salah satunya adalah dengan menggunakan threat intelligence. 

Dalam dunia digital di era ini, keamanan siber menjadi hal yang sangat penting. Para hacker mulai menggunakan proses yang kompleks untuk menyerang sistem Anda. Untuk itu, cara tradisional mulai tidak efektif mengatasi serangan dunia maya. Dengan menggunakan threat intelligence, Anda bisa meningkatkan keamanan siber Anda dan melindungi data Anda dari ancaman yang mungkin muncul. Lalu apa itu threat intelligence? Dalam artikel ini akan kita kupas tuntas seputar threat intelligence. Mari kita simak!

Mengenal threat intelligence

Sumber: Cyware

Threat intelligence adalah informasi yang dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi ancaman yang mungkin dihadapi oleh suatu organisasi atau perusahaan. Dengan menggunakan threat intelligence, Anda bisa mengetahui jenis-jenis ancaman yang mungkin muncul, bagaimana cara mengatasinya, dan bahkan dapat memprediksi ancaman yang akan muncul di masa depan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil tindakan pencegahan yang lebih efektif dan tepat waktu.

Namun, pengumpulan informasi dan analisis ancaman bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan tim ahli yang terus memantau dan menganalisis perkembangan ancaman, serta mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti forum underground, situs hacker, dan jaringan sosial.

Untuk itu, ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan threat intelligence, baik yang berbayar maupun gratis. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru tentang ancaman siber dan cara mengatasinya.

3 Jenis threat intelligence

Menurut Info savvy, Dalam dunia keamanan siber, terdapat tiga jenis Threat Intelligence yang penting untuk diketahui: 

1,Strategic Threat Intelligence

Strategic Threat Intelligence memberikan informasi tingkat tinggi terkait posisi keamanan siber, ancaman, rincian tentang dampak finansial dari berbagai aktivitas siber, tren serangan, dan dampak keputusan bisnis tingkat tinggi. Informasi ini dikonsumsi oleh eksekutif dan manajemen tingkat tinggi organisasi seperti manajemen TI dan CISO. 

Threat Intelligence ini membantu manajemen dalam mengidentifikasi risiko siber saat ini, risiko masa depan yang tidak diketahui, tim ancaman, dan atribusi pelanggaran. Intelijen yang diperoleh memberikan pandangan berbasis risiko yang terutama berfokus pada ide-ide risiko tingkat tinggi dan kemungkinannya.

2.Tactical threat intelligence

Tactical Threat Intelligence memainkan peran penting dalam melindungi sumber daya organisasi. Ini memberikan informasi terkait TTP yang digunakan oleh pelaku ancaman (penyerang) untuk melakukan serangan. Threat Intelligence ini dikonsumsi oleh para profesional keamanan siber seperti manajer layanan TI, manajer operasi keamanan, karyawan pusat operasi jaringan, administrator, dan arsitek. 

Hal Ini membantu para profesional keamanan siber memahami bagaimana penyerang diperkirakan akan melakukan serangan pada sistem; mengidentifikasi kebocoran data dari organisasi, dan kemampuan teknis serta tujuan para penyerang bersama dengan vektor serangan. Dengan menggunakan Tactical Threat Intelligence, personil keamanan mengembangkan cara deteksi dan mitigasi sebelumnya dengan memperbarui produk keamanan dengan indikator yang diketahui, memperbaiki sistem yang rentan, dan sebagainya.

3.Operational Threat Intelligence

Operational Threat Intelligence menyediakan informasi di atas ancaman spesifik terhadap organisasi. Ini memberikan informasi kontekstual di atas kejadian keamanan dan insiden yang membantu para pembela mengungkapkan risiko potensial, memberikan wawasan yang lebih besar tentang metodologi pelaku kejahatan, mengidentifikasi aktivitas jahat masa lalu, dan melakukan investigasi pada aktivitas jahat secara lebih efisien. 

Operational Threat Intelligence dikonsumsi oleh manajer keamanan atau kepala respons insiden, pembela jaringan, forensik keamanan, dan kelompok deteksi penipuan. Ini membantu organisasi memahami para pelaku ancaman yang mungkin dan niat mereka, kemampuan dan kesempatan untuk menyerang, aset TI yang rentan, dan dampak serangan jika berhasil. 

Terkadang, hanya organisasi pemerintah yang dapat mengumpulkan jenis Threat Intelligence ini, yang juga membantu kelompok IR dan forensik dalam menyediakan sumber daya keamanan dengan tujuan mengidentifikasi dan menghentikan serangan di masa depan, meningkatkan kemampuan mendeteksi serangan pada tahap awal, dan mengurangi kerus

Mengapa threat intelligence penting?

Dalam dunia keamanan siber, threat intelligence memainkan peran yang sangat penting. Berikut ini adalah lima alasan mengapa threat intelligence penting:

1.Meningkatkan Kemampuan Deteksi

Dengan mengumpulkan dan menganalisis threat intelligence secara terus-menerus, Anda dapat meningkatkan kemampuan deteksi terhadap serangan yang mengancam sistem atau perusahaan Anda. Informasi yang diperoleh melalui threat intelligence dapat membantu Anda untuk mengenali pola serangan dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan dampak dari serangan tersebut.

2.Meminimalkan Kerugian

Dengan menggunakan threat intelligence, Anda dapat meminimalkan kerugian yang mungkin terjadi akibat serangan keamanan. Anda dapat memperoleh informasi tentang ancaman yang sedang berkembang, sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi serangan.

3.Meningkatkan Respons Terhadap Serangan

Dalam keamanan siber, waktu sangat berharga. Semakin cepat Anda merespons serangan, semakin besar kemungkinan untuk meminimalkan kerugian yang ditimbulkan. Threat intelligence dapat membantu Anda untuk merespons serangan dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

4.Mengurangi Biaya

Menggunakan threat intelligence dapat membantu Anda untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk memperkuat sistem keamanan. Dengan memperoleh informasi terkait ancaman yang sedang berkembang, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan keamanan sistem.

5.Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dalam era digital saat ini, keamanan data dan informasi sangatlah penting. Dengan menggunakan threat intelligence, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda serius dalam menjaga keamanan sistem dan data pelanggan Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda.

6 Life Cycle Threat Intelligence

Sumber: Cymune

Dalam dunia keamanan siber, tim Cyber Threat Intelligence (CTI) memainkan peran penting dalam mengidentifikasi ancaman keamanan siber yang mungkin mempengaruhi bisnis. Berikut adalah tahapan life cycle threat intelligence menurut Flare:

1.Scoping Threat Intelligence

Tahap pertama adalah Scoping Threat Intelligence Requirements. Sebelum memulai proyek, tim CTI harus berinteraksi langsung dengan unit bisnis atau eksekutif untuk menentukan jenis intelijen apa yang perlu dikumpulkan dan apa tujuan proyek. Identifikasi persyaratan ini penting untuk memastikan bahwa proses CTI sesuai dengan tujuan bisnis dan manajemen risiko, serta menyediakan intelijen yang dapat diambil tindakan oleh pemangku kepentingan yang relevan.

2. Threat Intelligence Collection 

Selama tahap ini, tim CTI mengidentifikasi sumber intelijen ancaman dan memulai pengumpulan data mentah. Platform intelijen ancaman yang didedikasikan dapat digunakan untuk mengumpulkan data langsung dari platform tersebut. Namun, jika tidak tersedia, data dapat dikumpulkan dari sumber yang relevan.

3. Threat Intelligence Processing 

Setelah data yang relevan dikumpulkan, tim CTI memproses data tersebut. Hal ini melibatkan penyaringan data yang tidak relevan, memformat data untuk memudahkan tahap analisis, dan mengelompokkan data yang serupa agar dapat digunakan selama tahap analisis.

4. Threat Intelligence Analysis.

Tahap analisis sangat penting untuk menyediakan data yang dapat diambil tindakan yang relevan bagi bisnis dalam mengurangi risiko atau membuat keputusan keamanan informasi. Selama tahap analisis, analis intelijen ancaman akan bekerja untuk menciptakan konteks yang bermakna dan intelijen yang dapat diambil tindakan dari data yang telah diformat dan terstruktur selama tahap pemrosesan.

5. Threat Intelligence Dissemination 

Selama penyebaran, intelijen ancaman yang relevan dikirimkan ke berbagai unit bisnis yang dapat memperoleh nilai dari intelijen tersebut. Disarankan untuk membuat versi yang berbeda dari intelijen ancaman pada tingkat teknis yang berbeda untuk memberikan nilai bagi pemangku kepentingan di tim teknis, tim manajemen risiko, dan tingkat eksekutif.

6. Feedback

Hasil dari feedback akan membantu tim CTI untuk memperbaiki proses dan memperbaiki kualitas intelijen ancaman mereka untuk proyek selanjutnya. Selain itu, feedback juga dapat digunakan untuk memperkuat kepercayaan dan keterlibatan stakeholder dalam pengembangan program CTI.

R17: Siap Melindungi Anda dengan teknologi Threat Intelligence

Masalah keamanan siber adalah masalah yang sangat serius di dunia digital saat ini. Ancaman ini bisa menimbulkan risiko besar bagi bisnis Anda. Tapi, tenang saja! R17, sebagai Large system integrator, punya solusi terbaik untuk menangani masalah ini.

Apakah bisnis Anda khawatir tentang masalah keamanan jaringan yang bisa merusak reputasi bisnis Anda? Apakah Anda khawatir tentang kehilangan data penting atau serangan siber yang mengganggu operasi bisnis Anda? Ini adalah masalah besar yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa R17 punya solusi terbaik untuk mengatasi masalah keamanan jaringan ini? R17 menyediakan solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence untuk membantu bisnis Anda melindungi data Anda dari serangan siber.

Dengan solusi yang fleksibel dan dibuat khusus untuk kebutuhan bisnis Anda, R17 dapat membantu Anda menemukan solusi terbaik, terlepas dari apakah bisnis Anda kecil atau besar, dan apapun infrastruktur TI yang Anda miliki.

Jadi, jangan biarkan masalah keamanan jaringan menghambat bisnis Anda. Percayakan pada R17 untuk menyelesaikan masalah ini dan merasakan manfaatnya. Hubungi R17 sekarang dan dapatkan solusi keamanan jaringan terbaik untuk bisnis Anda!