PERKUAT KEAMANAN INFRASTRUKTUR DATA CENTER UNTUK EKONOMI DIGITAL

Share

Friday, 30 September 2022

INDONESIA diprediksi menjadi kekuatan ekonomi digital dalam 10-20 tahun mendatang. Hal ini didukung oleh beberapa faktor antara lain masyarakat yang semakin melek digital, bonus demografi pada 2030, dan pembangunan infrastruktur digital yang terus meningkat salah satunya melalui program Palapa Ring. 

Selain itu, pengguna internet di Indonesia saat ini tercatat sudah mencapai 77% dari total populasi dan diperkirakan akan terus meningkat. Di balik masifnya penetrasi internet, dibutuhkan kemampuan data center yang juga besar mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk yang mencapai 274 juta jiwa. Hal ini membuat pasar data center Indonesia menjadi salah satu yang terbesar di dunia.  

Mordor Intelligence menyatakan pasar data center Indonesia pada 2021 mencapai US$1,67 miliar dan diperkirakan mencapai US$3,43 miiliar pada 2027. Di sisi lain, hal ini juga membuka peluang besarnya serangan siber terhadap data center.  

Untuk membahas praktik terbaik dalam membangun infrastruktur data center yang sesuai dengan kondisi di Indonesia, R17 kembali menghadirkan R17 Podcast Show Vol.2 yang khusus membahas mengenai keamanan data center. Mengangkat tema Emphasizing the Security of Infrastructure for Inclusive Indonesia E-Economy, acara ini menghadirkan diskusi terkait praktik terbaik menciptakan preferensi atau pilihan untuk infrastruktur data center yang aman. 

Sumber: https://mediaindonesia.com/teknologi/526415/perkuat-keamanan-infrastruktur-data-center-untuk-ekonomi-digital