TETAPLAH WASPADA! ANCAMAN SERANGAN SIBER PADA DUNIA PENDIDIKAN

Share

Thursday, 17 November 2022

Pandemi covid-19 menjadi awal transformasi digital pada berbagai bidang di Indonesia, tak terkecuali pada bidang pendidi
kan. Pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka berubah secara daring. Setiap sekolah mulai menerapkan penggunaan google meet, zoom dan lainnya untuk menopang proses belajar mengajar.

Akan tetapi, transformasi digital ini menyebabkan adanya ancaman khususnya dari serangan siber. Di tahun 2020, dilaporkan bahwa hampir setengah dari institusi pendidikan di inggris terkena serangan siber. Banyak data-data yang dicuri mulai dari informasi personal dari murid dan tenaga pendidik. Para hacker mengakses data tersebut melalui berbagai jenis platform digital yang digunakan oleh sekolah. Para hacker dapat menggunakan data ini untuk tindak kejahatan. Mereka dapat melakukan spam maupun serangan berupa phising

Lalu apa alasan sekolah tetap menggunakan pembelajaran digital meskipun banyak nya ancaman siber yang dapat membahayakan privasi dari data?

Pentingnya Teknologi Bagi Dunia Pendidikan

Teknologi berperan penting bagi dunia pendidikan karena ada banyak bidang yang diefisienkan melalui teknologi digital. Berikut beberapa keunggulan penggunaan pembelajaran digital!

  1. Kemudahan Pengembangan Skill Siswa
    Pembelajaran digital memberikan kemudahan untuk pengembangan skill dari para siswa tanpa perlu kehadiran mereka secara fisik. Contohnya seperti pembelajaran melalui simulasi dan laboratorium virtual. Disini para siswa dapat mempelajari skill laboratorium tanpa harus datang ke sekolah.
  2. Komunikasi Lebih Mudah
    Dalam bidang komunikasi, penggunaan pembelajaran digital melalui zoom, google meet, gotowebinar dapat memudahkan komunikasi antara guru dan siswa. Selain itu, juga ada aplikasi untuk kolaborasi tugas yang dapat digunakan oleh siswa seperti microsoft teams, adobe connect, g doc, g sheet dan lainnya.

Kerentanan Pembelajaran Digital Terhadap Serangan Siber

Dunia pendidikan memiliki kerentanan yang tinggi terhadap terjadinya serangan siber. Berdasarkan publikasi Jawaid (2022) menyebutkan bahwa dunia pendidikan banyak menjadi target karena banyaknya data yang dimiliki oleh sistem dan kurangnya pengawasan terhadap serangan siber.

Banyak institusi pendidikan yang tidak memiliki sistem keamanan siber yang bisa mengatasi hacking. Hal ini dikarenakan, kurangnya pengetahuan dari para tenaga pendidik mengenai pentingnya siber sekuriti untuk melindungi data personal. Oleh karena itu, hacker mudah untuk menyerang sistem keamanannya.

Setelah berhasil menyerang pengguna maka sang hacker dapat memanfaatkan data personal untuk tindak kejahatan. Contohnya seperti tindakan phising yaitu menggunakan email untuk menipu pengguna menyerahkan data sensitif seperti kartu kredit dan data informasi lainnya. Melalui email hacker juga dapat menyebarkan ransomware yang merupakan jenis malware yang bisa menarik data pengguna.

Tindak serangan siber ini juga menjadi lebih mudah karena peserta didik tidak peka terhadap adanya serangan siber melalui lin dan email. Mereka akan membuka link dan email tersebut tanpa tahu bahwa itu merupakan serangan siber.

Cegah Serangan Siber Pada Dunia Pendidikan Bersama R17

Dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang tak luput dari serangan siber. Hacker dapat mudah masuk dan mencari data-data personal dari tenaga pendidik dan siswa. Selanjutnya mereka dapat menggunakan data tersebut untuk tindakan kejahatan. Solusi terbaik yaitu bekerja sama dengan perusahaan jasa yang menjamin keamanan data perusahaan Anda seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.