WASPADA CYBER ATTACK: INI CARA MENJAGA KEAMANAN DATA PADA INDUSTRI KESEHATAN

Share

Wednesday, 9 November 2022

Kejadian cloud attack pada industri belakangan ini sering terjadi dan cukup meresahkan. Salah satunya serangan cloud yang terjadi di bidang industri kesehatan. Menurut Technative.io, 61% serangan pada industri kesehatan menyebabkan terganggunya infrastruktur cloud selama hampir 12 bulan.

Kejadian serangan yang terjadi adalah serangan dengan jenis phising. Tentunya kejadian ini berdampak besar terhadap kondisi di dalam industri itu sendiri. Menurut Cloud security Report tahun 2022 dari Netwrix, serangan siber pada industri kesehatan berdampak buruk terhadap kondisi finansial perusahaan.

Lalu apa penyebab industri kesehatan sering mendapatkan cyber attack?

Penyebab Industri Kesehatan sering Mengalami Cyber Attack

Salah satu penyebab industri kesehatan sering menjadi target dari cyber criminal adalah karena banyak data sensitif dari industri kesehatan. Data sensitive ini tentunya bisa disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terkhususnya data dari para pasien dalam rumah sakit yang bisa menjadi incaran empuk dari hacker.

Seorang hacker mengetahui mereka dapat meminta tebusan yang tinggi jika rumah sakit meminta kembali data tersebut. Apalagi data-data tersebut sangat penting dan menyangkut nyawa dari para pasien. Contohnya adalah rekam medis dari pasien yang sangat sensitif dan berharga.

Oleh karena itu,  industri kesehatan harus mampu menjaga jaringannya dengan baik. Jangan sampai data seperti rekam jejak kesehatan pasien dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung  jawab.

Cara Menjaga Keamanan Siber pada Industri Kesehatan

Industri kesehatan harus mampu melindungi aset digitalnya dan setiap karyawan di dalamnya harus didik agar mengenal sistem keamanan siber yang baik. Sehingga data dari mereka tidak lari dan dicuri oleh hacker. 

Berikut 5 tips menjaga keamanan siber pada industri kesehatan menurut Lintasatra:

  1. Utamakan Keamanan Siber
    Setiap industri pastinya sudah memulai transformasi digital untuk memudahkan setiap proses pelayanan dan operasionalnya, termasuk juga dari industri kesehatan.
    Disini pastikan setiap transformasi digital yang akan dilakukan memperhatikan keamanan siber. Pastikan sistem keamanan sudah handal dan mampu untuk mengamankan data dan privasi.
  2. Pelatihan Karyawan Tentang keamanan Siber
    Karyawan pelayanan kesehatan harus memahami prinsip dari siber sekuriti. Terutama cara pengelolaan data dan sistem keamanan ketika melakukan input data. Caranya dengan mengadakan pelatihan keamanan siber untuk karyawan.
  3. Penggunaan Software Keamanan
    Anda dapat menerapkan software enkripsi tingkat lanjut pada sistem pelayanan kesehatan. Fungsi dari enkripsi ini yaitu memastikan semua data dan operasional dapat terenkripsi end to end
  4. Sistem Verifikasi
    Identitas yang penting dari karyawan wajib melakukan autentikasi multifaktor seperti dengan sidik jari, suara dan face recognition.
  5. Pembatasan Informasi yang Sensitif
    Caranya yaitu menerapkan zero trust architecture (ZTA) yang berfungsi untuk membatasi akses data. Hal ini akan membuat data sensitif hanya bisa diakses oleh sebagian kecil individu prioritas.

Bangun Infrastruktur Layanan Kesehatan yang Aman bersama R17  

Industri kesehatan merupakan industri yang rentan terkena cyber attack. Oleh karena itu, perlu upaya untuk menjaga keamanan data dari industri kesehatan. Apalagi data-data yang ada adalah data yang sensitif seperti data rekam medis dari pasien. Solusi terbaik yaitu bekerja sama dengan perusahaan jasa yang menjamin keamanan data perusahaan Anda seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.