WASPADA KEBOCORAN DATA! INI CARA MENJAGA KEAMANAN DATA PERUSAHAAN

Share

Wednesday, 26 October 2022

Cara menjaga keamanan data perusahaan perlu Anda perhatikan dengan tepat. Jangan sampai data perusahaan dicuri atau disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi kasus pencurian data saat ini mulai merebak belakangan ini.

Contohnya yaitu kasus Bjorka yang mengklaim memiliki 105.003.428 juta data penduduk Indonesia dari NIK, KK dan data registrasi sim card. Bahkan institusi seperti PLN juga mengalami kebocoran data dimana 17 juta data miliki pelanggan PLN bocor di forum hacker. Begitu juga dengan data dari pelanggan Indihome.

Kebocoran data ini berbahaya terutama bagi perusahaan khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak kerugian akibat kebocoran dari data. Bahkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), menyatakan ada 927 juta upaya serangan siber tahun lalu. Jumlah ini melonjak dua kali lipat dibandingkan 2020 sebanyak 495 juta yang menempatkan Indonesia sebagai sasaran utama serangan phising. 

Apa itu Keamanan Data?

Keamanan data atau yang biasa disebut Data Security merupakan sebuah prosedur dengan bantuan teknologi untuk melindungi data. Perlindungan data ini dilakukan untuk mencegah kerusakan data, modifikasi data hingga penyebaran data yang bersifat konfidensial.

Keamanan data ini sangat penting di era digital ini dimana semua akses sudah terhubung pada dunia internet. Jika tidak melakukan keamanan data maka data perusahaan Anda dapat dicuri. Misalnya jika Anda memberikan akses data Anda kepada seorang teman. Kemudian ia mengirim pesan kepada orang lain dan mengambil data Anda, tentunya hal ini akan sangat merugikan Anda.

Apalagi jika data yang dibajak adalah data perusahaan atau sebuah lembaga. Hal ini akan sangat merugikan bagi perusahaan tersebut. Sang hacker dapat saja mencuri informasi data penting dalam perusahaan Anda dan menjual data tersebut ke kompetitor perusahaan Anda atau malah menghapus data-data tersebut.

Apa Pentingnya Menjaga Keamanan Data?

Menjaga keamanan data merupakan hal penting yang harus dilindungi oleh setiap perusahaan. Hal ini untuk mencegah tersebarnya informasi seperti data pelanggan, informasi karyawan bahkan strategi bisnis Anda. Apalagi dengan adanya transformasi digital banyak perusahaan yang menerapkan WFH sehingga peluang kecurian data akan lebih besar.

Berikut beberapa alasan lebih lanjutnya mengapa keamanan data penting untuk dilindungi.

  1. Data Konsumen Bocor
    Perusahaan menyimpan berbagai data salah satunya data dari para konsumen. Data konsumen ini wajib dilindungi karena jika bocor maka konsumen berhak komplain dan menindaklanjuti dengan UU ITE. Akibatnya Anda harus membayar atau menebus dana pidana. Oleh karena itu, data konsumen yang dipercayakan pada perusahaan Anda wajib dilindungi.
  2. Rusaknya Reputasi Perusahaan
    Kebocoran data menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut tidak mampu menjaga dan memanajemen data dengan baik. Hal ini menyebabkan reputasi perusahaan tersebut akan dipertanyakan apabila konsumen ingin menggunakan layanan Anda kembali.
  3. Strategi Perusahaan Bocor
    Kebocoran data tidak hanya menyangkut data konsumen dan perusahaan, tapi juga strategi bisnis perusahaan Anda. Jika strategi bisnis Anda disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka dampaknya daya saing akan melemah. Apalagi, kebocoran data ini tidak disadari oleh perusahaan Anda.

5 Cara Menjaga Keamanan Data

Sebelumnya Anda telah mengetahui kerugian yang ditimbulkan akibat kebocoran data dari perusahaan. Lalu bagaimana cara melindungi data tersebut agar tidak mudah dicuri. Berikut 5 cara menjaga keamanan data.

  1. Klasifikasikan Data yang Perlu Keamanan Ekstra
    Tahap pertama yaitu mengklasifikasikan data apa saja yang bersifat konfidensial. Data ini dapat berupa informasi karyawan, pelanggan dan laporan keuangan. Selanjutnya, batasi akses dari data tersebut sehingga hanya bisa diakses oleh sebagian kecil orang.
  2. Pelatihan Kepada Karyawan Mengenai Keamanan Data
    Karyawan memegang peran penting dalam keamanan data sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan mereka yang dapat mengelola dan mengakses jika terjadi kebocoran data. Untuk itu, Anda harus mengajari karyawan bagaimana membuka data perusahaan agar tidak terjadi kebocoran. 
    Apalagi pemahaman keamanan data tidak diketahui oleh setiap orang. Sehingga karyawan tanpa pengetahuan mengenai keamanan data akan mudah dihack datanya. Jadi pastikan bahwa setiap karyawan paham betul menjaga keamanan data.
  3. Menggunakan Data Center
    Data center merupakan sebuah fasilitas yang dikelola untuk menyimpan dan menjaga data. Fasilitas data center memiliki teknologi untuk menyimpan data dari perusahaan. Hal ini dikarenakan, data center memiliki sistem keamanan data yang dibekali dengan 4 tier.
  4. Membatasi Hak Akses Data
    Membatasi hak akses ini bertujuan agar tidak semua orang bisa masuk dan mengakses data penting. Semakin banyak, orang yang mengakses data akan meningkatkan risiko terjadinya kecurian dari data. Untuk itu, data penting hendaknya hanya bisa diakses oleh orang tertentu.
  5. Menggunakan Jasa Perlindungan Data
    Cara paling mudah dan aman yaitu bekerja sama dengan pihak yang menyediakan jasa untuk perlindungan data. Dengan demikian, Anda dapat yakin akan keamanan data dalam perusahaan Anda. Banyak perusahaan yang menyediakan jasa Cyber Security salah satunya yaitu perusahaan Rizky Tujuh belas Kelola

Keamanan Data Terjamin Bersama R17

Sebelumnya Anda pasti telah mengetahui bahwa keamanan data adalah hal penting yang perlu Anda jaga. Jangan sampai data perusahaan Anda dicuri dan disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Solusi terbaik yaitu bekerja sama dengan perusahaan jasa yang menjamin keamanan data perusahaan Anda seperti R17.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan Large system integrator yang membantu pemerintah, perusahaan dan BUMN mewujudkan transformasi digital dengan menggunakan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber berlapis dan sistem aplikasi untuk membantu meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, kepuasan pelanggan di perusahaan dan peningkatan karya BUMN melalui solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security dan Intelligence.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) menawarkan solusi fleksibel yang dibuat untuk kebutuhan organisasi Anda, baik Anda adalah bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI yang terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks, bersama-sama kami membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.