5 Cara Kerja Internet of Things, Penerapan dan Manfaatnya

Share

Friday, 3 March 2023

Cara kerja internet of things bagaimana? Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang sering dibicarakan belakangan ini. Perkembangan teknologi IoT dinilai akan menyebabkan perubahan pada cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Apalagi saat ini, hampir semua perangkat elektronik yang kita gunakan dapat terhubung dengan internet dan saling berkomunikasi untuk membentuk ekosistem digital yang saling terintegrasi. 

Lalu bagaimana IoT dapat memberikan manfaat pada bisnis, masyarakat, dan kehidupan kita? Dan apa yang harus kita ketahui tentang peran IoT dalam revolusi digital? Inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Dengan teknologi yang terus berkembang pesat, penting bagi kita untuk memahami bagaimana IoT dapat membentuk masa depan kita dan apa yang perlu kita lakukan untuk memanfaatkannya secara efektif. Yuk kita simak!

 

Apa itu Internet of Things?

Sumber: Dataquest

Secara sederhana, IoT adalah jaringan perangkat yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi tanpa adanya interaksi manusia. Dalam konteks ini, perangkat dapat mencakup segala sesuatu mulai dari perangkat mobile, kendaraan, peralatan rumah tangga, hingga mesin industri dan infrastruktur kota.

Namun, apa yang membuat IoT sangat menarik adalah kemampuannya untuk menghasilkan data yang berguna. Ketika perangkat saling terhubung dan saling berkomunikasi, data dapat dikumpulkan dan dianalisis untuk menghasilkan wawasan baru yang dapat membantu bisnis Anda dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cerdas.

Sebagai contoh, IoT dapat digunakan dalam industri pertanian untuk memonitor tanaman secara real-time, menentukan waktu penyiraman yang tepat, dan memastikan kualitas tanaman yang optimal. Dalam industri otomotif, IoT dapat digunakan untuk memonitor kesehatan mesin dan performa kendaraan, sehingga masalah dapat diidentifikasi dan diperbaiki sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius.

 

5 Manfaat Internet of Things untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari IoT dan mengapa bisnis harus mempertimbangkan untuk menerapkannya:

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional: 

Penggunaan Internet of Things dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi proses bisnis. Misalnya, pada perusahaan manufaktur dapat menggunakan IoT untuk memantau mesin secara real-time dan mengurangi waktu henti mesin yang tidak terduga.

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan: 

Internet of Things juga dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan dengan memfasilitasi akses informasi secara real-time dan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik. Misalnya, pekerja di pusat logistik dapat menggunakan perangkat yang terhubung untuk memantau stok barang secara real-time dan mengoptimalkan rute pengiriman.

3. Meningkatkan User Experience

IoT dapat membantu bisnis meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan layanan yang lebih personal dan relevan. Misalnya, perusahaan ritel dapat menggunakan IoT untuk mengirimkan penawaran khusus kepada pelanggan berdasarkan preferensi dan lokasi mereka.

4. Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan: 

Keamanan dan keselamatan di tempat kerja dengan memantau lingkungan dan peralatan secara real-time melalui internet of things. Contohnya, perusahaan konstruksi dapat menggunakan perangkat IoT untuk memantau keamanan di lokasi konstruksi dan mencegah kecelakaan kerja.

5. Meningkatkan Efisiensi Energi: 

Terakhir Internet of Things juga dapat membantu bisnis mengurangi biaya energi dengan memantau dan mengatur penggunaan energi secara otomatis. Misalnya, perusahaan transportasi dapat menggunakan IoT untuk memantau konsumsi bahan bakar kendaraan dan mengoptimalkan rute pengiriman

 

5 Cara Kerja Internet of Things

Sumber:Free Code Camp

Secara sederhana, Internet of Things adalah konsep dimana objek atau perangkat dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lain secara otomatis. Hal ini memungkinkan objek dan perangkat untuk mengumpulkan data, berbagi informasi, dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara kerja Internet of Things

1. Perangkat IoT terhubung ke internet: 

Perangkat IoT terhubung ke internet melalui jaringan nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, atau teknologi seluler.

2. Perangkat mengumpulkan data: 

Perangkat IoT dilengkapi dengan sensor yang dapat mengumpulkan data dari lingkungan sekitarnya, seperti suhu, kelembaban, gerakan, atau kualitas udara. Melalui sensor ini data-data kemudian dikumpulkan

3. Data dikirim ke cloud: 

Data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT dikirim ke cloud melalui koneksi internet untuk diproses dan dianalisis lebih lanjut.

4. Data diproses dan dianalisis

Data yang diterima oleh cloud kemudian diproses dan dianalisis oleh sistem yang terhubung ke perangkat IoT. Proses ini dapat mencakup penggunaan algoritma cerdas untuk mengenali pola dan tren, membuat keputusan otomatis, dan memberikan informasi yang berguna.

5. Output dihasilkan: 

Output atau informasi yang dihasilkan kemudian dikirim kembali ke perangkat IoT atau ke perangkat lain yang terhubung ke sistem. Output ini dapat berupa tindakan otomatis, notifikasi, atau laporan yang disajikan dalam format yang mudah dipahami.

 

5 Penerapan Internet of Things dalam Bisnis

Sumber: Grandeur

Internet of things saat ini mulai banyak diaplikasikan dalam bisnis. Apalagi di era digital saat ini, persaingan dan kompetisi yang tinggi. Banyak perusahaan yang meningkatkan efisiensi bisnisnya dengan menerapkan IoT. Berikut 5 penerapan IoT dalam bisnis.

1. Pertanian

IoT memungkinkan petani untuk memantau kondisi tanaman, suhu, kelembaban, dan ketersediaan air secara real-time. Hal ini memungkinkan petani untuk mengoptimalkan penggunaan air dan pupuk serta mengurangi risiko kegagalan panen.

Contoh: Sebuah peternakan menggunakan sensor IoT untuk memantau ketersediaan air dan nutrisi tanah di kebun mereka. Jika sensor mendeteksi kondisi yang tidak ideal, sistem akan mengirimkan peringatan dan merekomendasikan tindakan perbaikan yang tepat.

 

2. Kesehatan

IoT memungkinkan pasien untuk memantau kondisi kesehatan mereka secara real-time dan memberikan informasi yang diperlukan untuk dokter. Hal ini memungkinkan perawatan yang lebih baik dan penghematan biaya.

Contoh: Seorang pasien dengan penyakit jantung menggunakan perangkat IoT untuk memantau detak jantung mereka secara real-time. Jika perangkat mendeteksi detak jantung yang tidak normal, sistem akan memberikan peringatan dan merekomendasikan tindakan yang tepat.

 

3. Transportasi

IoT memungkinkan pengendara untuk memantau kondisi kendaraan mereka dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Hal ini mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Contoh: Sebuah perusahaan transportasi menggunakan sensor IoT untuk memantau kondisi kendaraan mereka dan memberikan peringatan jika ada masalah. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya perawatan dan memperpanjang umur kendaraan mereka.

 

4. Manufaktur:

IoT memungkinkan produsen untuk memantau kinerja mesin produksi mereka dan mengoptimalkan produksi. Hal ini memungkinkan peningkatan efisiensi dan penghematan biaya.

Contoh: Sebuah pabrik menggunakan sensor IoT untuk memantau kinerja mesin produksi mereka dan memberikan peringatan jika ada masalah. Hal ini memungkinkan pabrik untuk mengurangi downtime mesin dan meningkatkan efisiensi produksi.

 

5. Keamanan:

IoT memungkinkan pengawasan keamanan dengan mengumpulkan data dari sensor dan kamera yang terhubung di tempat-tempat strategis. Hal ini memungkinkan peningkatan keamanan dan pengurangan risiko.

Contoh: Sebuah pusat perbelanjaan menggunakan sensor dan kamera IoT untuk memantau keamanan di tempat mereka. Jika sensor mendeteksi gerakan yang mencurigakan, sistem akan memberikan peringatan dan mengaktifkan kamera untuk merekam kejadian tersebut

 

R17:Solusi Transformasi Digital Bisnis Anda

Rizki Tujuh Belas (R17) Kelola adalah Integrator sistem besar yang hadir untuk membantu organisasi Anda dalam melakukan transformasi digital dengan mudah. Kami telah bekerja dengan berbagai pemerintah, perusahaan, dan BUMN untuk meningkatkan layanan publik, kepuasan pelanggan, dan kinerja bisnis melalui penggunaan infrastruktur yang handal dan sistem keamanan siber multi-layered.

Kami menyadari bahwa setiap organisasi memiliki kebutuhan yang unik, oleh karena itu kami menawarkan solusi fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus organisasi Anda, baik Anda merupakan bisnis kecil atau menengah dengan sumber daya TI terbatas atau perusahaan dengan infrastruktur TI yang kompleks. Bersama-sama, kami akan membantu Anda menciptakan solusi terbaik untuk bisnis Anda melalui Digital Age Networking, Kolaborasi & Keamanan Kontinuitas Bisnis, dan solusi Intelijen.

Ayo transformasi bisnis Anda bersama R17 sekarang juga!