APA ITU NOC (NETWORK OPERATION CENTER)? KUPAS TUNTAS SEMUA DISINI!

Share

Wednesday, 14 December 2022

NOC adalah tempat terpusat yang difungsikan untuk menjaga dan mengontrol seluruh kondisi jaringan dari perusahaan. Perusahaan yang memerlukan konektivitas yang vital dan harus digunakan secara kontinu 24 jam memerlukan NOC. Melalui, NOC masalah pada jaringan akan dapat diselesaikan tanpa mengganggu operasi dari bisnis.

NOC adalah teknologi yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1970 oleh jasa provider telekomunikasi. Namun, saat ini tidak hanya industri telekomunikasi yang membutuhkan NOC tapi juga berbagai industri seperti jasa finansial, manufaktur dan sektor energi. Apakah penerapan NOC cocok pada perusahaan Anda? Mari kita simak artikel ini!

Apa itu NOC?

                                                                                       Sumber:Constanttech.com

Apa itu Network Operation Center (NOC)? Menurut Techtarget.com, NOC adalah merupakan sebuah tempat tersentralisasi dimana enterprise information technology (IT) administrator dari pihak internal atau eksternal, dapat memonitor dan menjaga sistem jaringan telekomunikasi. Secara sederhana, NOC menjadi lokasi terpusat untuk melakukan monitoring dan manajemen dari peristiwa yang mempengaruhi layanan dan infrastruktur selama 24/7.

Kontrol dari NOC bertujuan agar jaringan pada data center berfungsi dengan baik sesuai dengan standar tanpa adanya gangguan atau hambatan. Sedangkan lokasi NOC dapat di manajemen oleh Anda, service provider atau outsourced dari pihak ketiga. Bagi sebuah organisasi, NOC berfungsi sebagai sistem saraf untuk mengelola dan mengoptimasi tugas penting dari bisnis seperti network troubleshooting, pembaruan perangkat lunak, pemantauan kerja dan koordinasi jaringan afiliasi.

9 Fungsi NOC (Network Operation Center)

Sumber:Techtarget.com


Fungsi NOC yaitu untuk memonitoring satu atau lebih jaringan dalam kondisi tertentu yang membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari penurunan kualitas layanan. Secara sederhananya, Splunk.com menjelaskan bahwa tujuan NOC yaitu untuk mempertahankan kinerja dan ketersediaan jaringan agar tetap optimal.

Adapun beberapa kegiatan penting yang dikelola oleh NOC yaitu sebagai berikut:

  1. Memantau jaringan yang membutuhkan perhatian khusus agar terhindar dari kendala jaringan,
  2. Melakukan manajemen dari server, jaringan, dan perangkat. Termasuk juga manajemen proses penginstalan perangkat lunak, update, troubleshooting, dan distribusi di semua perangkat.
  3. Menjaga keamanan jaringan melalui pemantauan, analisis ancaman dan operasi keamanan
  4. Melakukan backup dan recovery dari data 
  5. Melakukan manajemen data dari email, suara dan video
  6.  Path Management
  7. Manajemen vendor, freelancer dan kontraktor
  8. Peningkatan layanan melalui pengumpulan feedback dan rekomendasi dari pengguna 
  9. Penegakan Kebijakan

Cara Kerja NOC (Network Operation Center)

Secara sederhana, NOC bekerja pada lokasi terpusat dimana staff teknisnya melakukan proses pengawasan selama 24 jam untuk memonitor dan manajemen layanan, database, layanan eksternal, firewall, dan jaringan dari perusahaan.

Staff dari NOC juga melakukan beberapa kegiatan seperti di bawah ini

  1. Memonitor dan update dari jaringan
  2. Manajemen Komunikasi
  3. Manajemen Firewall
  4. Membuat laporan dari performa dan kualitas jaringan
  5. Instalasi software, patching dan Troubleshooting
  6. Policy Enforcement
  7. Analisis Gangguan
  8. Intrusion prevention system (IPS)
  9. Incident response

Para staff dari NOC bertanggung jawab untuk mengatasi masalah, anomali atau threats sebelum masalah tersebut mengganggu operasi bisnis atau menyebabkan permasalahan lainnya. 

Manfaat NOC (Network Operation Center)

Menurut IBM.com, NOC memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menggunakannya. Berikut ini Manfaat NOC yaitu sebagai berikut.

  1. IT Department Lebih Efisien
    Karena setiap permasalahan dan kendala dari jaringan telah dilakukan oleh tim NOC, maka karyawan dapat fokus pada proyek penting dan membuat ide-ide baru untuk kemajuan bisnis.
  2. Skalabilitas
    NOC mudah untuk di scale up, ketika perusahaan tumbuh dan berekspansi ke pasar dan lokasi baru, maka NOC juga dapat bisa di scale up menangani lokasi perusahaan baru tersebut.
  3. Eliminasi Downtime
    Adanya pemantauan selama 24-7 dari tim NOC maka dapat dipastikan semua perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan dapat berfungsi dengan maksimal secara non stop.
    Tanggapan insiden cepat: NOC dirancang untuk terus memantau sistem jaringan, mengidentifikasi masalah dengan cepat, serta mencegah masalah sebelum menjadi masalah. Desain "selalu aktif" ini berarti insiden diselesaikan dengan cepat.
  4. Respon Penyelesaian Masalah yang Cepat
    Para tim NOC telah didesain untuk secara kontinu memonitor sistem jaringan, dan identifikasi masalah secara cepat. Bahkan, menangani sebuah ancaman sebelum menjadi masalah. Artinya setiap masalah dapat diselesaikan dengan cepat.
  5. Optimasi Jaringan
    NOC memberikan laporan real time terkait kesehatan dari jaringan, area yang dapat diperbaiki dan melakukan perbaikan dan pengembangan agar jaringan semakin kuat.

Alasan Kenapa Perusahaan Anda Perlu NOC

Bertambahnya jumlah pengguna, traffic website dan malware dapat mempengaruhi performa dari website. Jadi setiap masalah dapat terjadi dan disebabkan dari manapun. Bahkan, masalah kecil pun pada downtime jaringan dapat menghancurkan produktivitas dan layanan kepada para konsumen.

Contohnya pada kasus yang terjadi beberapa tahun lalu kita bisa memprediksi kerugian akibat terjadinya downtime. Berdasarkan laporan dari Gartner, bahwa satu menit downtime dapat menyebabkan kerugian hingga $5.600. Dari sini kita belajar bahwa kegagalan jaringan dapat merugikan pendapatan, menurunkan produktivitas hingga menodai reputasi dari tim IT Anda. Maka dari itu, didesain sistem NOC untuk mencegah terjadinya downtime sehingga pengguna bahkan tidak menyadari adanya kegagalan jaringan.

Peran NOC sangat diperlukan bagi perusahaan yang beroperasi 24-7 dan memerlukan konektivitas yang kontinu. Contohnya seperti pada industri yang bergerak pada bidang telekomunikasi, layanan finansial, manufaktur, dan energi. Pada beberapa industri tersebut, pengelolaan jaringan dan layanan IT sangat vital sehingga memerlukan NOC. Sistem NOC ini akan melakukan pemantauan, dan menangani masalah yang menyebabkan gangguan pada kinerja jaringan seperti identifikasi malware dan volume pengguna.

Industri seperti telekomunikasi, jasa keuangan, manufaktur, dan sektor energi beroperasi sepanjang waktu dan membutuhkan konektivitas yang andal dan konstan. Mempertahankan keadaan modern 24-7 operasi global ini membutuhkan pemantauan jaringan yang berkelanjutan. Ini dapat membuat layanan jaringan menantang untuk dikelola dalam layanan TI tradisional. NOC melakukan pemantauan ini untuk organisasi, dengan cepat menangani masalah yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan, seperti mengidentifikasi malware dan mengelola volume pengguna dan lalu lintas situs web. Mereka juga berupaya mengoptimalkan jaringan dengan melakukan pembaruan dan pemeliharaan, serta meningkatkan kinerja jaringan.

Tanpa Network Operation Center, sebuah bisnis tidak akan tahu jika terjadi masalah seperti kendala pada firewall. Penyebabnya dapat berupa hacker atau karyawan baru yang tidak sengaja menghapus file konfigurasi. Adanya NOC akan memegang peran vital agar kendala tersebut dapat diselesaikan sehingga bisnis dapat berjalan tanpa adanya kendala.

BANGUN INFRASTRUKTUR DIGITAL ANDA BERSAMA R17

Transformasi digital sebuah perusahaan di era digital merupakan sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan, transformasi digital akan dapat mempercepat perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan infrastruktur digital sistem informasi untuk menunjang hal tersebut.

Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan fokus pada sistem integrasi dan penyedia infrastruktur jaringan melalui berbagai solusi, diantaranya adalah Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration serta Security & Intelligence. Dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya, kami memanfaatkan teknologi berupa solusi-solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga!