MANAGED SERVICE PROVIDER (MSP): PENGERTIAN, FUNGSI, & MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN ANDA

Share

Sunday, 25 December 2022

Managed service provider (MSP) adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan teknologi TI. Saat ini, MSP telah menjadi pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengelola infrastruktur TI mereka secara efisien sekaligus meningkatkan produktivitasnya. MSP menyediakan berbagai layanan pengelolaan infrastruktur TI mulai dari pemantauan, pemeliharaan sistem, dukungan teknis, solusi masalah, dan layanan keamanan TI.

Sejarah dari MSP dimulai pada awal tahun 1990-an, ketika perusahaan-perusahaan mulai mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) secara terpusat. Pada awalnya, MSP hanya menyediakan layanan pemantauan sistem dan pemeliharaan sistem bagi klien mereka. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin tinggi, MSP mulai menyediakan layanan yang lebih luas, seperti dukungan teknis, solusi masalah, dan layanan keamanan TI.

Lalu apakah perusahaan Anda juga membutuhkan layanan dari MSP? Dalam artikel ini akan dikupas tuntas mengenai MSP mulai dari pengertian, manfaat bagi perusahaan, hingga jenis perusahaan yang membutuhkan MSP. Mari kita simak selengkapnya!

Apa itu Managed Service Provider?

Managed Service Provider (MSP) adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan pengelolaan dan pemeliharaan sistem, jaringan, dan perangkat keras serta perangkat lunak. MSP dapat mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) seperti server, jaringan, penyimpanan, dan aplikasi perusahaan Anda secara jarak jauh atau melalui on-site support.

MSP akan menawarkan layanan pemantauan dan pemeliharaan TI secara terus menerus setiap harinya, serta bantuan teknis dan solusi masalah TI ketika Anda memerlukannya. Menurut Tech Target, tujuan utama dari MSP adalah memberikan solusi TI yang efisien, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan pengelolaan infrastruktur dan dapat fokus menjalankan dan membangun operasional bisnis Anda, tanpa takut downtime sistem dan gangguan layanan.

5 Fungsi Managed Service Provider

                                                                                                      Sumber:Data Driven Investor

Fungsi utama Managed Service Provider (MSP) adalah mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) dari perusahaan Anda. Adapun secara garis besar fungsi MPS dapat meliputi:

  1. Pemantauan Sistem
    MSP akan terus-menerus memantau kinerja sistem, jaringan, dan perangkat keras (Hardware) serta perangkat lunak (Software) Anda untuk mengidentifikasi masalah potensial dan menangani masalah yang terjadi sebelum menjadi lebih serius.
  2. Pemeliharaan Sistem
    MSP akan melakukan pemeliharaan rutin pada sistem, jaringan, perangkat keras dan perangkat lunak Anda untuk memastikan kinerja yang optimal dan mengurangi risiko masalah.
  3. Bantuan Teknis
    MSP menyediakan segala bentuk dukungan teknis, khususnya menyelesaikan masalah yang terjadi pada jaringan dan sistem IT Anda.
  4. Solusi Masalah
    MSP dapat menyediakan solusi untuk masalah teknis yang dihadapi oleh Anda, termasuk menawarkan solusi untuk masalah yang terjadi di luar jangkauan Anda untuk ditangani sendiri.
  5. Konsultasi TI
    MSP dapat memberikan konsultasi bagi Anda tentang bagaimana mengelola dan meningkatkan infrastruktur TI, serta menawarkan saran tentang teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

MSP akan menyediakan layanan pemantauan dan pemeliharaan yang terus-menerus, serta bantuan teknis dan solusi masalah ketika diperlukan. Dengan begitu perusahaan Anda dapat menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan pengelolaan infrastruktur TI.

6 Manfaat Managed Service Provider Bagi Perusahaan Anda

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan Managed Service Provider (MSP) untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) perusahaan, diantaranya:

  1. Efisiensi 
    MSP akan terus-menerus memantau kinerja sistem, jaringan, dan perangkat keras serta perangkat lunak Anda, sehingga dapat responsif dalam menangani masalah. Hal Ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan Anda, karena tidak perlu mengeluarkan waktu dan sumber daya untuk menangani masalah teknis.
  2. Menghemat Biaya
    MSP biasanya menawarkan paket layanan yang terjangkau, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya yang terkait dengan pengelolaan infrastruktur TI sendiri.
  3. Dukungan Teknis 
    MSP menyediakan dukungan teknis bagi Anda, sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengatasi masalah teknis yang terjadi.
  4. Menyediakan Ekspert
    Menggunakan MSP dapat menyediakan Anda akses ekspert TI yang selalu dapat membantu Anda
  5. Meningkatkan Keamanan Jaringan
    Beberapa MSP menyediakan security software dan pelatihan 
    keamanan data perusahaan
  6. Menyediakan Monitoring secara Konstan
    Beberapa MSP menyediakan layanan pemantauan 24/7 menggunakan network monitoring tools yang meningkatkan system visibility dan could management.

5 Jenis Perusahaan yang Memerlukan Managed Service Provider

Perusahaan dari berbagai ukuran dan industri dapat memerlukan layanan dari Managed Service Provider (MSP) untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) mereka. Beberapa contoh perusahaan yang memerlukan MSP adalah:

  1. Perusahaan Kecil dan Menengah 
    Perusahaan kecil dan menengah tidak memiliki sumber daya internal yang cukup untuk mengelola infrastruktur TI mereka sendiri, sehingga mereka dapat memerlukan bantuan dari MSP untuk menangani pemantauan, pemeliharaan, dan dukungan teknis.
  2. Perusahaan Besar
    Perusahaan besar memiliki tim TI internal yang cukup, tetapi mereka memerlukan bantuan dari MSP untuk mengelola infrastruktur TI mereka secara efisien untuk meningkatkan produktivitasnya.
  3. Perusahaan dengan Pertumbuhan Cepat 
    Perusahaan yang mengalami pertumbuhan cepat tidak memiliki infrastruktur TI yang cukup untuk mendukung laju pertumbuhan mereka, sehingga memerlukan MSP untuk memperluas dan mengelola infrastruktur TI.
  4. Perusahaan dengan Operasi Skala Global 
    Perusahaan dengan operasi skala global memiliki infrastruktur TI yang kompleks dan tersebar di berbagai negara, sehingga mereka dapat memerlukan bantuan dari MSP untuk mengelola infrastruktur TI mereka secara efektif.
  5. Perusahaan dengan Kebutuhan Khusus 
    Beberapa perusahaan mungkin memiliki kebutuhan khusus, seperti kebutuhan untuk mengelola data sensitif atau memenuhi persyaratan keamanan yang ketat, yang membutuhkan bantuan dari MSP yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tersebut.

INFRASTRUKTUR DIGITAL AMAN DAN CEPAT DENGAN R17

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa MSP dapat berperan penting bagi perusahaan Anda. Khususnya untuk memberikan pemantauan, pemeliharaan dan penyelesaian masalah IT  dalam perusahaan Anda. Tentunya hal ini tidak hanya memberikan efisiensi ada perusahaan tapi juga keamanan infrastruktur digital. Buatlah sistem infrastruktur digital yang aman sehingga tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang.

Jika Anda ingin membangun infrastruktur digital perusahaan yang aman dan cepat maka R17 adalah solusinya. Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan fokus pada sistem integrasi dan penyedia infrastruktur jaringan melalui berbagai solusi, diantaranya adalah Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration serta Security & Intelligence. Dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya, kami memanfaatkan teknologi berupa solusi-solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis Anda.

Ayo bangun infrastruktur digital perusahaan Anda di R17 sekarang juga!