Wireless Security: Pengertian, Manfaat, Fungsi Hingga Cara Kerjanya

Share

Tuesday, 28 March 2023

Wireless security itu apa? Sudahkah anda merasa aman menggunakan jaringan wireless? Jika belum, jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Saat ini, keamanan jaringan wireless merupakan salah satu hal yang sangat penting karena sebagian besar data yang kita gunakan hari ini dikirimkan melalui jaringan wireless. 

Akan tetapi, jaringan wireless ini dapat menjadi serangan empuk bagi para hacker untuk mencuri data Anda apabila tidak dikelola dengan baik. Itulah mengapa muncul wireless security sebagai jalan untuk menjaga jaringan wireless Anda. Namun, apa sebenarnya wireless security itu? Simak selengkapnya disini!

Apa itu Wireless Security?

Sumber: Panda Security

Wireless security adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi jaringan wireless dari serangan dan pelanggaran keamanan. Teknologi ini dirancang untuk mencegah akses yang tidak sah, pengambilan data, dan aktivitas yang berbahaya di dalam jaringan wireless.

Jaringan wireless rentan terhadap serangan cyber karena penggunaannya yang menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data. Hal ini berarti bahwa siapa saja yang berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi berpotensi untuk menangkap dan membaca data yang dikirimkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan jaringan wireless Anda agar terhindar dari serangan tersebut.

Serangan cyber dapat menyebabkan kerugian besar pada bisnis dan bahkan individu. Data pribadi seperti nomor kartu kredit atau password dapat dicuri oleh hacker, yang dapat menyebabkan pencurian identitas dan kerugian finansial. Selain itu, hacker juga dapat mengambil alih perangkat pada jaringan yang tidak aman, yang dapat menyebabkan kerugian dan bahkan kehancuran data.

Oleh karena itu, wireless security sangat penting untuk melindungi data dan perangkat anda dari risiko tersebut. Dengan mengambil tindakan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi anda, anda dapat membantu menjaga informasi anda tetap aman dari hacker.

4 Jenis-jenis Wireless Security?

Menurut Cisco, terdapat beberapa jenis wireless security yang dapat digunakan untuk melindungi jaringan Wi-Fi, antara lain:

  1. WEP (Wired Equivalent Privacy): Jenis keamanan yang paling tua dan pertama kali digunakan. Sayangnya, jenis keamanan ini mudah diretas dan tidak lagi dianggap aman.
  2. WPA (Wi-Fi Protected Access): Jenis keamanan yang dikembangkan untuk menggantikan WEP. WPA menggunakan enkripsi TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) yang lebih kuat dibandingkan dengan WEP.
  3. WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2): Jenis keamanan yang lebih kuat daripada WPA karena menggunakan enkripsi AES (Advanced Encryption Standard). WPA2 juga memiliki beberapa mode operasi, antara lain WPA2 Personal dan WPA2 Enterprise.
  4. WPA3 (Wi-Fi Protected Access 3): Jenis keamanan terbaru yang menggunakan enkripsi lebih kuat (192-/256-/384-bit) dari WPA2. WPA3 juga memiliki beberapa fitur baru, seperti Simultaneous Authentication of Equals (SAE) dan Opportunistic Wireless Encryption (OWE).

4 Fungsi Wireless Security

Wireless security memiliki banyak fungsi yang penting dalam menjaga keamanan jaringan nirkabel. Berikut adalah 5 fungsi utama dari wireless security:

1. Melindungi data pribadi dan bisnis Anda

Dengan wireless security, data pribadi dan bisnis Anda akan dilindungi dari akses yang tidak sah dan pengambilan data oleh pihak yang tidak berwenang. Dalam dunia yang semakin terkoneksi, proteksi data merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga privasi dan menghindari kejahatan siber.

2. Menghindari serangan jaringan

Serangan jaringan dapat menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan, seperti kehilangan data penting, reputasi yang rusak, dan biaya yang signifikan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan. Dengan wireless security yang efektif, perusahaan dapat mencegah serangan jaringan dan meminimalisir kerugian.

3. Mempercepat dan meningkatkan kinerja jaringan

Dengan wireless security, jaringan nirkabel akan lebih cepat dan aman, sehingga mempercepat kinerja jaringan dan meningkatkan produktivitas. Ketika jaringan tidak dilindungi dengan baik, maka akan lebih rentan terhadap serangan dan memperlambat kinerja jaringan.

4. Menjaga kepercayaan pelanggan

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, kepercayaan pelanggan sangat penting. Dengan memiliki wireless security yang kuat, perusahaan dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa data pribadi mereka aman dan tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Kerja Wireless security

Sumber: Solution review

Cara kerja wireless security melibatkan beberapa teknologi dan prosedur yang berbeda. Salah satu teknologi utama yang digunakan adalah enkripsi data. Enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi format yang tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak memiliki kunci enkripsi yang benar. Dalam konteks keamanan nirkabel, enkripsi digunakan untuk memastikan bahwa data yang dikirim melalui jaringan nirkabel tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Protokol keamanan nirkabel seperti WPA2 dan WPA3 juga digunakan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Protokol ini menggunakan metode enkripsi dan autentikasi untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang memiliki akses ke jaringan nirkabel. Protokol keamanan nirkabel ini biasanya dikonfigurasi dengan kata sandi dan kunci enkripsi yang unik.

Selain itu, teknologi jaringan nirkabel modern juga menggunakan fitur firewall, yang dapat membatasi akses ke jaringan dan memonitor lalu lintas jaringan untuk mendeteksi serangan yang mencurigakan. Firewall juga dapat menghentikan serangan sebelum mereka mencapai jaringan nirkabel.

Kartu jaringan nirkabel dan router yang mendukung teknologi keamanan nirkabel juga penting untuk menjaga keamanan jaringan nirkabel. Perangkat lunak keamanan nirkabel juga dapat digunakan untuk melindungi jaringan nirkabel dari serangan.

Secara keseluruhan, cara kerja wireless security melibatkan penggunaan beberapa teknologi dan prosedur yang berbeda untuk memastikan bahwa jaringan nirkabel aman dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang sah. Wireless security sangat penting untuk melindungi data sensitif dan perangkat dari serangan cyber yang merusak.

R17 Bantu Lindungi Keamanan Jaringan Anda

Apakah Anda sedang mencari solusi keamanan siber yang handal untuk menghadapi era transformasi digital? Jangan khawatir, Rizky Tujuh Belas Kelola (R17) siap membantu Anda!

Banyak perusahaan masih belum menyadari betapa pentingnya perlindungan keamanan siber yang efektif dalam menghadapi serangan siber yang semakin berbahaya. R17 hadir sebagai solusi lengkap untuk menjaga keamanan siber organisasi Anda.

Sebagai perusahaan integrator sistem besar, R17 telah membantu banyak pemerintah, perusahaan, dan BUMN mencapai transformasi digital dengan infrastruktur yang handal, sistem keamanan siber yang terlapis, dan aplikasi yang efektif. Kami memahami bahwa setiap organisasi memiliki kebutuhan yang berbeda, oleh karena itu, R17 menawarkan solusi yang fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

R17 menyediakan solusi Digital Age Networking, Business Continuity Collaboration & Security, dan Intelligence yang dapat membantu Anda mencapai transformasi digital dengan aman dan efektif. Kami tidak hanya menawarkan keamanan siber yang tangguh, tetapi juga memberikan layanan konsultasi dan dukungan teknis agar solusi yang kami berikan dapat diterapkan dengan mudah dan efektif.

Dengan R17, Anda bisa merasa tenang dan yakin bahwa organisasi Anda dilindungi oleh solusi keamanan siber terbaik. Hubungi kami sekarang dan dapatkan solusi terbaik untuk keamanan siber organisasi Anda!